Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Ini Dia 10 Cara Mengelola Stres, Apa Sajakah?

Kamis 04 Apr 2013 15:19 WIB

Red: Endah Hapsari

Perempuan stres karena pekerjaan/ilustrasi

Perempuan stres karena pekerjaan/ilustrasi

Foto: sciencemediacentre.co.nz

REPUBLIKA.CO.ID, Para perempuan boleh dibilang rentan terkena stres. Pusing urusan pekerjaan, mengurus anak dan suami, sampai sakit kepala gara-gara si mbak pulang kampung membuat tingkat stres para ibu melonjak. Jangan khawatir, Bu. Ada berbagai cara untuk mengatasi stres. Ini di antaranya:

 1. Mengorganisir diri. 

Dengan mengontrol lebih baik waktu dan energi yang terbatas, seseorang akan dapat menangani stres secara lebih efektif. 

 

2. Mengontrol lingkungan. 

Dengan cara ini stres dapat diusir dan dukungan dapat Anda peroleh.

 

3. Mencintai diri sendiri. 

Salah satu caranya adalah dengan mempertahankan citra diri yang positif. Ingat, Anda adalah pribadi yang unik yang selalu melakukan hal terbaik. 

 

4. Bersenang-senang. 

Hadiahi diri sendiri dengan aktivitas yang mendatangkan kesenangan bagi diri Anda. 

 

5. Olahraga. 

Kesehatan dan produktivitas sangat dipengaruhi oleh kemampuan tubuh menyuplai oksigen dan makanan ke dalam sel-sel secara teratur. Untuk itu, usahakan untuk secara teratur pula melakukan olah raga demi menjaga kinerja jantung dan paru. Minimal tiga kali setiap minggu, 15-30 menit setiap kalinya. 

 

6. Relaks. 

Lepaskan pikiran dari hal-hal yang membuat stres dan lakukan latihan pernapasan serta berkonsentrasi pada hal-hal yang positif. Selain meditasi, relaksasi juga dapat dilakukan dengan mendengarkan musik atau berbincang ringan dengan sahabat, suami atau istri tercinta.

 

7. Istirahat. 

Usahakan melakukan ini secara teratur. Tidur cukup, 7-8 jam per hari pada waktu yang sama di malam hari akan sangat membantu mengurangi stres yang bertumpuk pada siang harinya. Di samping itu ambil jeda di sela-sela pekerjaan. Banyak hal yang bisa diserap otak pada satu waktu, dan ini akan menjadi beban yang berat. 

 

8. Kenali diri. Waspadai jika terjadi perubahan-perubahan yang menunjukkan Anda tengah didera stres, misalnya insomnia, sakit kepala, cemas, nyeri lambung, demam atau flu. 

 

9. Makan dengan benar. 

Pertahankan diet seimbang. Jangan ''racuni'' tubuh dengan makanan berkalori tinggi yang kaya lemak dan gula. Juga, jangan jebloskan diri pada jeratan rokok, alkohol, dan obat-obatan. 

 

10. Nikmati hidup. 

Berbagai penelitian menunjukkan orang yang bahagia cenderung hidup lebih lama dan sedikit memiliki masalah fisik. Cobalah untuk melihat sisi humoris dari hal-hal yang sebenarnya menjengkelkan, atau bahkan tak masuk akal. Mudah-mudahan ini semua dapat membantu Anda menghadapi hari-hari yang tak selamanya berjalan seperti yang Anda inginkan. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA