Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Monday, 15 Ramadhan 1440 / 20 May 2019

Tips Ceria Lewat Padu Padan Busana

Selasa 03 Dec 2013 09:04 WIB

Red: Endah Hapsari

Busana Muslimah berwarna cerah/ilustrasi

Busana Muslimah berwarna cerah/ilustrasi

Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID, Tampil ceria sepanjang hari. Setiap orang pasti mendambakannya. Kalau mau, dan mampu, Anda pun bisa merencanakannya. Lantas bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan berbusana sesuai kebutuhan dan konteksnya.

Bagaimana mewujudkannya tentu perlu persiapan yang kadang sangat mudah dikatakan, tetapi sulit dilaksanakan dalam realitas kehidupan. Untuk membantu memudahkan persiapan, pertama-tama Anda perlu tahu benar apa rencana Anda hari ini? Segudang acara mungkin telah dipersiapkan untuk menyambut hari yang baru datang. Demikian pula ''piranti'' yang Anda siapkan antara lain busana dan perlengkapannya.

Bagi kalangan wanita, busana, tentu saja, merupakan hal yang tak bisa diabaikan. Targetnya: selain untuk penampilan yang pantas dan menarik, juga praktis dan pas sesuai waktu dan tempatnya. Sepanjang hari, dari pagi hingga siang atau sore hari, kegiatan yang dikerjakan bisa amat beragam. Mulai dari pergi mengantar dan menjemput anak sekolah, kegiatan sosial, pertemuan keluarga atau pengajian, arisan, hingga sekadar jalan-jalan ke mal.

Adakalanya rentang waktu dari satu kegiatan ke kegiatan berikutnya tidaklah panjang. Apalagi pada kalangan yang supersibuk. Karena pendeknya waktu, kerapkali ibu-ibu tidak sempat pulang ke rumah untuk berganti baju. Menghadapi kondisi seperti ini, siapa pun jelas memerlukan busana-busana yang enak dipakai, praktis dan, tentu saja, tidak mudah kusut agar selalu rapih sepanjang hari.

Untuk menghadapi beragam situasi dan keadaan, sebaiknya pilihlah warna yang cerah, warna soft/lembut atau warna-warna muda untuk kegiatan pagi. Untuk siang hari yang polos lebih bagus, meski yang bermotif pun tidak apa-apa asal sesuai dengan tubuh dan kulit Anda.

Modelnya? Model atau style yang dipakai lebih baik Anda pilih yang simpel dan tidak banyak hiasan. Pasalnya kegiatan yang dilaksanakan aktif dan banyak bergerak. Yang perlu diperhatikan di sini jangan sampai busana yang dikenakan jadi penghalang badan Anda untuk bergerak. Untuk busana Muslim hal ini sangat mendukung karena busana muslim biasanya sederhana dan longgar jadi memudahkan badan untuk bergerak bebas. Selain itu, busana muslim bisa membuat Anda tidak rikuh kalau duduk dan jongkok atau naik tangga.

Agar rapi dan tidak kusut, tekstil yang dipilih seharusnya adalah polyester atau bahan sintetis tapi biasanya bahan tersebut panas untuk daerah tropis, karena itu disarankan memakai bahan tekstil campuran seperti 60% rayon 40% polyester atau 65% polyester 35% cotton/katun. Komposisi ini, walaupun harganya lebih mahal, tentu saja lebih nyaman dipakai.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA