Kamis 26 Dec 2013 09:31 WIB

Tips Kuku Cantik

Rep: mgrol22/ Red: Endah Hapsari
Kuku tangan
Foto: blogspot
Kuku tangan

REPUBLIKA.CO.ID, Kuku merupakan bagian tubuh yang cukup penting bagi wanita. Sama halnya dengan rambut, kuku juga terbuat dari protein yang memerlukan vitamin agar tetap sehat. Untuk itu perhatikan pola makan sehari-hari, karena kuku juga dapat menjadi petunjuk untuk melihat kesehatan di dalam tubuh.

“Kuku pecah-pecah, rapuh atau pipih dapat menandai kekurangan zat besi dan bintik-bintik putih pada kuku dikarenakan kurangnya seng dalam pola makan seseorang,” kata Maryon Stewart dari Layanan Penasehat Gizi Perempuan, demikian dilansir dari Mail Online. 

Makanan yang mengandung cukup seng seperti daging merah, tiram, beberapa sayuran hijau, dan hati dapat menghindari tanda putih pada kuku. Dan jangan mengonsumsi alkohol atau kafein karena dapat mencegah tubuh menyerap seng dengan baik.

Tak hanya makanan yang mengandung seng, Asam lemak juga penting untuk kesehatan kuku yang baik. Kurangnya asam lemak dalam pola makan dapat menyebabkan kuku kering dan mengelupas. Segenggam kacang atau biji-bijian dapat mencegah kuku kering dan mengelupas, atau bisa diganti dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan setiap hari.

Suplemen lain yang dapat membantu memperkuat kuku Anda adalah silika. Silika ditemukan dalam ramuan ekor kuda yang dapat memperkuat jaringan penghubung di kulit, kuku dan rambut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement