Prabowo Ogah Jawab Pertanyaan Jurnalis Jakarta Post
Senin , 14 Jul 2014, 20:20 WIB
Capres nomor urut satu Prabowo Subianto (kedua kiri) didampingi mantan istrinya Titiek Soeharto (kiri) dan cawapres Hatta Rajasa (kedua kanan) menyapa pendukungnya di Pelataran Tugu Proklamasi, Jakarta, Senin (14/7). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres dari koalisi Merah Putih Prabowo Subianto membuka sesi wawancara dengan media asing di Freedom Institute, Senin (14/7). Pasangan Hatta Rajasa itu sengaja membuka ruang tanya jawab untuk media asing selepas acara deklarasi koalisi permanen Merah Putih di Tugu Proklamasi, Jakarta, Senin (14/7).

Prabowo berdiri di podium yang sudah disediakan di salah satu ruangan. Ia menjawab beberapa pertanyaan dari jurnalis asing. Pada satu kesempatan, jurnalis wanita dari media the Jakarta Post memberikan pertanyaan dalam bahas Inggris. Jurnalis itu menyebutkan nama dan kemudian asal medianya.

"Dari Jakartat Post. Untuk mengklarifikasi..," kata dia. Pertanyaan jurnalis itu terpotong. Prabowo keburu melontarkan pernyataan, juga dalam bahasa Inggris. "Dari Jakarta Post? Jakarta Post is already untie me. Kenapa anda harus melontarkan pertanyaan? Anda toh tidak akan mempublikasikannya," kata mantan Danjen Kopassuss itu.

Wartawati itu tertawa kecil dan berjanji akan mempublikasikannya. Namun Prabowo tetap bersikukuh dengan sikapnya. "Saya sangat terbuka. Jakarta Post sudah jelas partisan. Mereka selalu mempublikasikan setengah benar tenang saya. Mohon maaf," kata Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu.

Mendapat jawaban Prabowo, wartawati itu sempat masih berusaha untuk melontarkan pertanyaan. Tapi, Prabowo bergeming. "Terima kasih. Saya minta maaf. Jakarta Post, saya tidak mau menjawab. Maaf," ujar dia.

Wartawati itu kemudian membalas, "Setidaknya saya sudah berusaha." Prabowo masih punya jawaban atas pernyataan itu. "Ya Anda sudah berusaha. Itu bukan salah Anda. Tapi, pemilik Anda," kata Prabowo, sembari tertawa.

Pada akhirnya Prabowo sama sekali tidak menjawab pertanyaan dari jurnalis Jakarta Post itu. Sementara sesi tanya jawab terus berjalan. Prabowo masih meladeni pertanyaan dari media lainnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Jakarta Post dalam editorialnya beberapa waktu lalu sudah menegaskan untuk memberikan dukungan pada pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Redaktur : Citra Listya Rini
Reporter : Irfan Fitrat
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar