Rabu 02 Jul 2014 10:36 WIB

Kunjungi Pabrik Tekstil, Hatta Hormati Perusahaan yang Gigih Beroperasi

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Muhammad Hafil
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Setelah menemui sejumlah elemen masyarakat di Cipacing, calon wakil presiden nomor urut satu, Hatta Rajasa, mengunjungi pabrik tekstil PT Kahatex, masih di sekitar Sumedang, Jawa Barat, Selasa (2/7).  Kedatangan Hatta disambut meriah oleh karyawan pabrik sembari menyanyikan lagu Garuda di Dadaku yang menjadi theme song Prabowo-Hatta.  Ketika berbicara di hadapan karyawan, Hatta menekankan pentingnya peranan industri tekstil. 

"Kita harus berterima kasih ke perusahaan yang telah membuka lapangan kerja agar masyarakat bekerja lebih baik.  Dan perusahaan ini juga memberi devisa, pajak dan sumbang pembangunan ekonomi.  Karyawannya sudah lebih dari 35 ribu. Kalau semua punya keluarga sudah ratusan ribu.  Saya patut beri hormat kepada perusahaan yang tetap gigih mempertahankan usaha dan tetap memberi kesempatan kerja ke masyarakat kita," ujar Hatta.

Hatta kemudian menceritakan pengalamannya tatkala menjabat sebagai menteri koordinator bidang perekonomian.  Industri tekstil selaku industri padat karya dalam beberapa tahun terakhir, mengalami hantaman krisis ekonomi global.  Pemerintah, kata Hatta, memikirkan dan menelurkan sejumlah solusi agar perusahaan-perusahaan tetap beroperasi.  Sebab, sejumlah tenaga kerja menggantungkan nasib nafkahnya kepada perusahaan.

"Pemerintah tidak boleh tinggal diam ketika perusahaan mengalami kesulitan.  Kenapa negara turun tangan? Karena ketika perusahaan collaps, terjadi pemutusan hubungan kerja dan pengangguran.  Lebih baik kantong pemerintah sedikit dari pada kantong rakyat kempes," kata Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional tersebut.  Menilik kondisi terkini, Hatta menekankan pentingnya peranan industri dalam menyongsong era masyarakat ekonomi ASEAN.

"Nanti ke depan, kita akan kurangi ketergantungan impor dengan membuat industri-industri kita berbasis bahan baku lokal.  Jadi, kita dorong perusahaan-perusahaan yang berbahan baku lokal.  Kita kasih insentif.   Tujuannya mengangkat daya saing dan buka lapangan kerja.  Kita ingin perusahaan maju, sehat,  sehingga karyawan akan menjadi sejahtera. Ini keinginan kita semua bersama," kata cawapres yang diusung Koalisi Merah Putih itu.

Perwakilan PT Kahatex, Cecep mengungkapkan, dalam dialog yang dihadiri perwakilan dari sekitar 36 ribu karyawan pabrik, kesiapan perusahaan mendukung Prabowo-Hatta.  "Jangan lupa tanggal 9 nanti coblos nomor satu," kata Cecep disambut sorak sorai karyawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement