Kamis 05 Jun 2014 13:46 WIB

Jokowi: Putra Papua Jangan Lupa Kampung Halaman

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Citra Listya Rini
Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Calon presiden nomor urut dua, Joko Widodo (Jokowi), mengingatkan putra-putri Papua yang merantau agar tak lupa dengan kampung halaman mereka. Putra-putri Papua, ujar Jokowi, harus berkontribusi membangun daerahnya sendiri.

Saat berkampanye di Kampung Yoka, Jayapura, Jokowi bercerita pengalamannya bertemu putra daerah Papua saat ia berkunjung ke Yogyakarta. Saat itu, menurut Jokowi, dia banyak bertemu dengan dokter dan akademisi asal Papua.

Hal tersebut membuktikan bahwa anak-anak muda asal Bumi Cenderawasih itu memiliki kepandaian dan mampu berkompetensi dengan anak-anak dari daerah lain. Jokowi menilai, kecerdasan anak-anak Papua tersebut harus dimanfaatkan untuk membangun daerah asal mereka. Karenanya, Jokowi mengatakan bahwa mereka harus berani kembali ke Papua.

"Harus diberikan ruang dan kesempatan tentunya. Para anak-anak muda lokal ini alangkah baiknya kembali ke Papua dan memberikan ilmu yang sudah ia dapat dari tempatnya belajar," kata mantan Walikota Solo tersebut.

Dalam kampanyenya di kampung yang berada di pinggir Danau Sentani tersebut, Jokowi juga membeberkan programnya di bidang pendidikan. Jika terpilih menjadi presiden, Jokowi berjanji akan membuat program Kartu Indonesia Pintar. "Semua masyarakat Papua harus sekolah sampai kuliah," kata mantan wali kota Solo tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement