Senin 23 Jun 2014 13:30 WIB
kilas

Surat Suara untuk Indonesia Timur Terkirim

Red:

JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) memprioritaskan pendistribusian surat suara pemilu presiden untuk wilayah Indonesia bagian timur. Surat suara telah terkirim 100 persen hingga KPU Kabupaten/Kota di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara.

"Untuk wilayah Timur sudah semua, sudah 100 persen. Tinggal disortir untuk didistribusikan ke kecamatan dan desa-desa," kata Komisioner KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jakarta, Ahad (22/6). Hingga saat ini, menurut Arief, surat suara yang telah didistribusikan ke kabupaten/kota sudah mencapai 90 persen. Surat suara yang belum terdistribusikan, kata dia, untuk wilayah DKI Jakarta dan Provinsi Banten.

Pengiriman untuk daerah bagian Timur diprioritaskan karena kondisi geografis yang dinilai ekstrem. Selain itu, moda transportasi tidak semudah di bagian barat Indonesia. Untuk daerah-daerah kepulauan di bagian Timur, KPU harus menggunakan kapal pengangkut.

"Kami masih terikat kerja sama dengan TNI jika memang diperlukan bantuan mereka untuk pengiriman pasti nanti akan diminta bantuannya. Khususnya, untuk daerah-daerah di pegunungan di Papua," ungkapnya.

KPU menargetkan, seluruh logistik pemilu sudah sampai di KPU Kabupaten/Kota pada 26 Juni 2014. Dilanjutkan dengan proses sortir dan pengepakan hingga akhir Juni.

Kemudian, surat suara didistribusikan ke kacematan paling lambat lima hari sebelum hari pemungutan suara. Lalu, tiga hari sebelum pencoblosan sudah sampai di desa/kelurahan. Dan, pada 8 Juli 2014 surat suara sudah terdistribusikan hingga tempat pemungutan suara (TPS).

Jumlah surat suara sesuai daftar pemilih tetap (DPT) pilpres sebanyak 190.3 juta ditambah dua persen setiap TPS. Pencetakan dikerjakan delapan perusahaan yang terdiri atas 15 paket.

Pemungutan suara Pilpres 2014 dijadwalkan pada 9 Juli 2014. Kontestasi lima tahunan ini diikuti dua pasangan calon. Dalam desain surat suara tersebut, foto pasangan capres nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menggunakan kemeja berwarna putih dengan lambang Garuda berwarna merah di dada bagian kanan. Keduanya menggunakan peci berwarna hitam. Sementara, pasangan capres nomor urut 2 Joko Widodo menggunakan kemeja kotak-kotak. Sedangkan, cawapresnya, Jusuf Kalla, menggunakan kemeja berwarna putih.rep:ira sasmita ed: fitriyan zamzami

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement