Rabu 13 Aug 2014 11:01 WIB

Rayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di Negeri Orang

Rep: C91/ Red: Citra Listya Rini
Kemerdekaan Indonesia
Foto: IST
Kemerdekaan Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak rakyat Indonesia yang tinggal di luar negeri, baik untuk sekolah, atau bekerja. Sehingga, Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) pun harus mereka rayakan dari negara orang.

Sarah (24) kini menetap di Australia bersama suaminya, maka dari itu, ia harus memperingati hari kemerdekaan pada 17 Agustus di negeri kangguru tersebut. "Biasanya Kedubes Indonesia akan mengadakan upacara bendera di kantornya," katanya saat dihubungi Republika Online, Rabu (13/8)

Meski begitu, Sarah merindukan beberapa lomba rakyat seperti makan kerupuk, balap karung, atau panjat pinang. Menurutnya, tradisi semacam itu tak bisa didapatkannya di sini.

Ia mengaku sebenarnya tak masalah tinggal di negara asing, karena masih bisa menemukan keluarga Indonesia lain, di lingkungan tempat tinggalnya. Hanya saja, seringkali Sarah merasa didiskriminasikan oleh pemerintah dan warga Australia lainnya, disebabkan ia dari Indonesia.

"Misalnya kalau mau pindah rumah, ngurusinnya agak ribet, dan susah cari rumah, karena mereka lebih mendahulukan warga Australia," ungkapnya. Selain itu, Sarah bercerita, masih banyak warga Australia yang tak tahu Negara Indonesia, kebanyakan mereka hanya paham saat disebut 'Bali'.

Baginya kemerdekaan suatu bangsa dilihat dari bagaimana pemerintahnya memberikan kebebasan dan fasilitas untuk mempermudah rakyatnya, tak terkecuali yang tinggal di luar negeri. "Sekarang sih masih kurang, jadi menurut saya Indonesia belum sepenuhnya merdeka," ucap Sarah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement