Selasa 12 Aug 2014 17:18 WIB

Tradisi Lomba Rakyat Tetap akan Diadakan Saat 17 Agustus

Rep: C91/ Red: Julkifli Marbun
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
Foto: Youtube
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Remaja di Cilandak, Jakarta Selatan tetap antusias rayakan Hari Kemerdekaan. Sejak bulan lalu, mereka telah membentuk kepanitiaan, demi memeriahkan HUT Republik Indonesia (RI), pada 17 Agustus mendatang.

"Persiapan kami saat ini, sudah sampai pengumpulan dana dan pembelian hadiah, kalau konsep lomba dan acara sudah rapi dan telah diinfokan juga ke warga," ujar Aisyah Rahma Utami, Wakil Ketua Pelaksana Panitia 17 Agustus Cilandak. Ia menambahkan, bendera pun sudah dipasang untuk menyambut HUT RI.

Beragam lomba juga diselenggarakan, dan dibagi dalam empat kategori sesuai umur. Kategori satu untuk usia 1-5 tahun, dengan lomba memindahkan bendera, dan estafet air. Lalu kategori dua, untuk usia 5-9 tahun, lombanya, mencari benda dalam kotak, makan kerupuk, dan estafet air.

Selanjutnya kategori tiga, dari usia 9 sampai 12 tahun, dengan lomba, balap karung, makan kerupuk, ambil uang di kelapa, serta mencari benda dalam bahasa Inggris. Kemudian kategori empat, untuk usia 12 tahun hingga dewasa, lombanya, ambil uang di kelapa, balap karung estafet, makan kerupuk saus, make up mata tertutup, main bola, tarik tambang, main futsal memakai daster, dan memukul kendi dengan mata tertutup.

"Semua perlombaan dilaksanakan pada hari H 17 Agustus. Warga sudah kami infokan jauh-jauh hari, sehingga kami berharap mereka dapat berpartisipasi," kata Aisyah. Menurutnya, tradisi lomba rakyat semacam ini perlu dilestarikan, demi mempererat tali silahturahmi dan menambah jiwa berjuang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement