Tuesday, 15 Jumadil Akhir 1443 / 18 January 2022

Tuesday, 15 Jumadil Akhir 1443 / 18 January 2022

Ranah Minang Selalu Jadi Inspirasi Ria Miranda

Jumat 03 Dec 2021 03:01 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Indira Rezkisari

Ria Miranda pada Kamis (2/12) menggelar show tunggal ke-9. Selama satu dekade berkarya Ria Miranda terinspirasi pada budaya Minang.

Ria Miranda pada Kamis (2/12) menggelar show tunggal ke-9. Selama satu dekade berkarya Ria Miranda terinspirasi pada budaya Minang.

Foto: Republika/Rahma Sulistya
Ria Miranda jadikan motif Minang ciri khas brand-nya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merayakan satu dekade Minang Heritage RiaMiranda, desainer Ria Miranda mengungkapkan ingin terus memberi sesuatu yang terbaru. Dan kali ini, ia menampilkan 25 koleksi di tanggal ulang tahun ibunda tercintanya.

“Ini juga untuk menyambut satu dekade Minang Heritage di tahun depan. Karena ranah Minang selalu jadi inspirasi saya dan jadi ciri khas selama saya berkarya. Sejalan juga dengan tema koleksi di 2022 ‘Berkembang’,” ucap Ria Miranda dalam Annual Show RiaMiranda di Jakarta, Kamis (2/12).

Baca Juga

Dalam pagelaran show tunggalnya yang ke-9, Ria mengungkapkan makna Minang Heritage yang menjadi kekuatan tersendiri bagi brand RiaMiranda. Kini, eksplorasinya semakin istimewa dengan teknik printing, warna-warna pastel dan earth tone yang khas.

Lalu ada juga ornamen Minang dengan renggaan yang baru, sehingga motif Minang telah menjadi ciri khas brand yang telah berusia 12 tahun itu. “Tahun ini, banyak hal baru yang dicoba lakukan. Kita perbaiki lagi dari mulai visual, branding dan proses kreatif desain,” kata dia lagi.

Di depan kedua orang tuanya yang hadir dalam pagelaran show tunggalnya, koleksi RiaMiranda kali ini sangat kental dengan budaya. Tak hanya koleksi dengan tema Minang, sebuah konsep presentation yang disiapkan, juga menambah jejak pengalamannya dan tim bertamu ke daerah Tulang Bawang barat (Tubaba), Kabupaten Lampung.

“Lokasi itu dipilih karena Tubaba melambangkan sebuah kota yang sedang maju berkembang, terlihat dari karya bangunan arsitekturnya sangat indah oleh Andra Matin. Dengan visi yang jauh ke depan dan mengutamakan kearifan lokal, saya rasa sangat pantas untuk mengangkat Tubaba menjadi semangat kita di 2022 untuk tumbuh berkembang,” papar Ria.

Sebanyak 25 koleksi penggabungan koleksi ready to wear dan preview Raya collection 2022, dipresentasikan dalam bentuk video campaign dengan sinematografi dan narasi yang menggambarkan perjalanan hidup sosok perempuan Minang.

Dalam video terlihat ciri khas dari permainan siluet loose cutting, hingga drapery dengan pilihan warna warm color pastel tone. Variasi cutting yang oversized, drapery gathered, raglan sleeve cutting dan flare yang menjadi ciri khas feminine cutting koleksi RiaMiranda.

Tidak hanya itu, detail craftsmanship, embroidery pada lini RiaMiranda Signature dengan motif songket Minang terbaru, khusus untuk menyambut 10 tahun Minang Heritage. “Harapannya, perjalanan langkah brand RiaMiranda bisa memberikan sentuhan yang terus menginspirasi nilai-nilai kebaikan,” ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA