Selasa 30 Nov 2021 15:24 WIB

Merriam-Webster Tetapkan 'Vaksin' Kata Terpopuler 2021

Pencarian untuk "vaksin" di Merriam-Webster meningkat 601 persen dibandingkan 2020.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Dwi Murdaningsih
Merriam-Webster
Foto: CHARLES KRUPA/AP/SHUTTERSTOCK
Merriam-Webster

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Merriam-Webster telah menyatakan kata 2021 adalah vaccine atau vaksin. Kata 'vaksin' menghiasi hari demi hari sepanjang 2021.

"Ini adalah kata yang sangat tinggi dalam data kami setiap hari di sepanjang 2021," ujar editor-at-large Merriam-Webster, Peter Sokolowski, Senin (29/11).

Baca Juga

Menurut Sokolowski, kata tersebut benar-benar mewakili dua cerita yang berbeda. Salah satunya adalah kisah sains, yang merupakan kecepatan luar biasa dari pengembangan vaksin.

"Tapi ada juga perdebatan mengenai kebijakan, politik, dan afiliasi politik. Itu satu kata yang membawa dua cerita besar ini," ujar Sokolowski.

Pemilihan kata vaccine mengikuti vax sebagai kata tahun ini dari versi Oxford English Dictionary. Tahun lalu, Merriam-Webster memilih "pandemi" atau pandemic sebagai yang teratas dalam pencarian tahun lalu di situs daring-nya.

"Pandemi adalah senjata yang meledak dan sekarang kami memiliki efek sampingnya," kata Sokolowski.

Pencarian untuk "vaksin" di Merriam-Webster meningkat 601 persen dibandingkan 2020, ketika suntikan pertama di Amerika Serikat (AS) diberikan di New York pada Desember. Sedangkan suntikan pertama di dunia terjadi awal bulan itu di Inggris.

Dibandingkan dengan 2019, ketika ada sedikit urgensi atau obrolan tentang vaksin, Merriam-Webster mencatat peningkatan pencarian sebesar 1,048 persen tahun ini. Sokolowski menyatakan, perdebatan tentang distribusi yang tidak adil, mandat vaksin, dan booster tetap menarik perhatian. Begitu juga dengan keraguan dan gesekan vaksin terhadap paspor vaksin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement