Jumat 01 Oct 2021 20:27 WIB

Inilah Pusat Bisnis dengan Disain Arsitek Ramah Lingkungan

Melalui energy efficient architecture,gedung ini menghemat energi hingga 25 persen

Living World Grand Wisata merupakan pusat bisnis dan belanja di kawasan Bekasi  yang  berupaya  mendukung pencapaian target pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29 persen dari baseline 2030 dengan menerapkan konsep berkelanjutan pada pembangunannya.
Foto: istimewa
Living World Grand Wisata merupakan pusat bisnis dan belanja di kawasan Bekasi yang berupaya mendukung pencapaian target pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29 persen dari baseline 2030 dengan menerapkan konsep berkelanjutan pada pembangunannya.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI-–Membangun kawasan properti masa kini tentunya wajib memperhatkan aspek lingkungan hidup. Rancang bangun disain bangunan modern, belum cukup tanpa diimbangi dengan pemilihan material bangunan yang selaras dengan pelestarian lingkungan. 

Konsep tersebut salah satunya telah diterapkan pada pusat perbelanjaan dan bisnis seperti  Living World Grand Wisata. Pusat bisnis dan belanja di kawasan Bekasi ini berupaya  mendukung pencapaian target pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca sebesar 29 persen dari baseline 2030 dengan menerapkan konsep berkelanjutan pada pembangunannya. Melalui energy efficient architecture, gedung mall ini menggunakan sistem AC efisiensi tinggi dalam penggunaan listrik sehingga berpotensi menghemat energi hingga 25 persen. 

Pusat bisnis dan belanja seluas 4 hektar ini juga menggunakan lampu LED yang hemat energi hingga 60 persen, serta memanfaatkan sinar matahari sebagai pencahayaan alami dengan membuat skylight dari jendela berbahan kaca double glazing. Penggunaan kaca ini juga dapat membatasi panas matahari masuk ke ruangan sehingga dapat menambah penghematan listrik pada penggunaan AC. 

Dalam operasionalnya nanti, Living World Grand Wisata juga akan menerapkan konsep water conservation melalui zero waste water system dengan mengelola kembali limbah air kotor, dimana penghematan penggunaan air ini dalam setahun setara dengan 50 kali isi kolam renang olympic size. Penggunaan air daur ulang ini dimanfaatkan untuk recycling kebutuhan AC, termasuk menyiram tanaman di area green park Living World Grand Wisata seluas 2.000 m2. 

Selain itu, keunikan arsitektur bernuansa alam yang menyatu dengan konsep terbaru dari tenant restoran/kafe & entertainment dalam balutan konsep mall yang eco-friendly akan menjadi trendsetter baru di shopping center. Memiliki gross floor area lebih dari 155.000 meterpersegi dengan commercial area lebih dari 58.000 m2, Living World Grand Wisata akan menjadi mall berkonsep Home Living and Eat-ertainment terbesar dan terlengkap di suburb area timur Jakarta dan Bekasi.

"Lokasinya yang strategis sebagai business meeting point serta kelengkapan fasilitas di mall ini akan memacu pertumbuhan nilai usaha ritel serta penyerapan tenaga kerja,"kata Herry Hendarta, Direktur PT. Putra Alvita Pratama (Grand Wisata) sekaligus CEO Residential National Sinar Mas Land, dalam keterangan tertulisnya Jumat (30/9).

Meski kondisi pandemi Covid-19 belum sepenuhnya teratasi, pihaknya tetap optimistis untuk melaksanakan pembangunan. Berdasarkan data yang disampaikan Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), meskipun cenderung lambat, namun tingkat kunjungan naik secara bertahap seiring dengan membaiknya kondisi saat ini. Kita tetap optimis bahwa pada saat mall tersebut beroperasi di tahun 2024, situasi dan kondisi sudah berjalan normal dan baik. 

Pembangunan Living World Grand Wisata bekasi merupakan hasil kolaborasi Kawan Lama Group dan Sinar Mas Land yang  melanjutkan komitmen penandatanganan kesepakatan kerja sama pembangunan proyek mall kedua Living World di Grand Wisata Bekasi pada 2019 lalu. Kali ini PT Sahabat Duta Wisata, perusahaan joint venture dari kedua perusahaan, melaksanakan acara peletakan batu pertama atau groundbreaking untuk pembangunan Living World di Grand Wisata Bekasi. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement