Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Karakter Manusia Jadi Warna dalam Koleksi Baru SVH

Ahad 10 Jan 2021 13:58 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Tangkapan layar label mode lokal, SVH memperkenalkan koleksi Spring/Summer 2021 bertajuk ‘A Different Direction’, Jumat (8/1).

Tangkapan layar label mode lokal, SVH memperkenalkan koleksi Spring/Summer 2021 bertajuk ‘A Different Direction’, Jumat (8/1).

Foto: Republika/Santi Sopia
Label lokal SVH merilis koleksi baru dengan mengambil tema karakter manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun 2020 menjadi cuku berat bagi sebagian orang karena pandemi Covid-19. Meski begitu, optimisme tetap harus dimiliki untuk menatap waktu ke depan alias 2021.

Label mode lokal, SVH memperkenalkan koleksi Spring/Summer 2021 bertajuk ‘A Different Direction’ yang hendak mendorong manusia tetap semangat menghadapi situasi tak menentu. Begitu juga industri fashion yang menurutnya kembali bercermin agar lebih ramah lingkungan.

Bambang Wahyudi Praja, SVH Creative Director, atau akrab disapa Bengki mengatakan koleksi tercipta dengan ide dinamika hidup dan warna-warni karakter manusia di dunia, dan mendukung ekspresi diri dengan material ramah lingkungan.

“Inspirasi awalnya dari pandemi dan untuk pertama kalinya melihat Jakarta dengan langit biru dan cerah. Tapi kemudian pandemi tidak kunjung berakhir. Kami bercermin sebagai industri fashion bagaimana menghadapi pandemi, salah satunya menggunakan material ramah lingkungan,” kata Bengki dalam konferensi pers secara virtual, beberapa hari lalu.

Koleksi terinspirasi dari konekso manusia dan lingkungannya. Ada nuansa gedung tinggi, padang pasir, hutan hujan pada motif dan pattern serta bahan yang diginakan.

Bengki mengatakan, setiap orang tidak bisa dikotak-kotakan terkait selera fashion masing-masing. Sebuah kemeja, misalnya, bisa terlihat feminin, formal, bahkan fashionable bagi karakter orang yang berbeda.

Fashion tidak punya batasan luas karena harus berani eksplorasi dan menujukan kepribadian. Fashion tidak ada batas selama tidak melanggar hukum. Jadi, di setiap koleksi SVH hendak menunjukan bahwa setiap fashion dapat mendukung setiap kepribadian.

Di saat pekerjaan yang harus menuntut formalitas, mungkin orang cenderung memilih pakaian formal. Sebaliknya, orang yang menyukai olahraga selalu terlihat sporty, atau orang yang terlalu sibuk bis saja tidak terlalu memerhatikan penampilan, sehingga pakaian yang dikenakan bisa tidak serasi.

“Ada pula yang berhijab atau bebas saja memakai yang ketat, jadi desain kita batasannya luas sehingga merefleksikan jati diri sebenarnya,” tambah Bengki.

Fashion show koleksi SVH Spring/Summer 2021 “Different Direction” juga digelar virtual. Bekerjasama dengan Anggi Wirya Diputra, Founder & Creative Director 2ICONS MANAGEMENT, dan Tommy Surya Teja Founder Zalmon Fabric, pertunjukan sekaligus merepresentasikan waiah serta budaya khas Indonesia berikut material yang nyaman dan aman bagi kulit.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA