Senin 17 Aug 2020 22:29 WIB

Limbah Tekstil Dominasi Tumpukan Sampah di Laut

Limbah tekstil tak bisa disepelekan terkait dengan pelestarian lingkungan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah
Limbah tekstil tak bisa disepelekan terkait dengan pelestarian lingkungan (Foto: ilustrasi baju bekas)
Foto: examiner.com
Limbah tekstil tak bisa disepelekan terkait dengan pelestarian lingkungan (Foto: ilustrasi baju bekas)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun belum ada data pasti mengenai jumlah sampah pakaian di Indonesia, Campaign Activation TukarBaju Zero Waste Indonesia, Naurah Nazhifah, sampah pakaian karena limbah fesyen atau limbah tekstil tak bisa disepelekan terkait dengan pelestarian lingkungan.

Menurut Naurah, pada 2018 silam, dia bersama dengan komunitas Zero Waste Indonesia mengikuti sebuah acara yang diadakan di Pantai Ancol Timur bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan. “Sayangnya, yang didapatkan di sana itu malah mayoritas sampahnya bukan sampah plastik, melainkan sampah tekstil dan sampah jaring yang dibuat dari benang,” ungkap Naurah dalam IG live Tukar Baju, belum lama ini.

Baca Juga

Dia menyebut, jumlah perkiraan prosentase sampah tekstil dan sampah jaring yang ditemukan di sana adalah sekitar 80 persen hingga 81 persen dari sampah yang ditemukan. Lalu, di tahun yang sama pula, salah satu tim dari Zero Waste Indonesia yang memiliki kesempatan melakukan penelitian di Pulau Saparua, Maluku, Nila Pati, tak menyangka banyak menemukan sampah tekstil di sana.

“Malah lebih banyak sampah tekstil dibandingkan sampah plastik, dan yang lebih parah lagi, kalau sampah tekstil ini sudah terkena air, dan sudah terpendam di pasir susah sekali untuk diangkat atau ditarik,” kata dia.

Ditemukan fakta-fakta tersebut, menyadarkan dia bahwa sampah yang ada di bumi ini juga tak hanya sampah plastik. Sampah tekstil, sampah dari baju-baju yang dibuang oleh banyak orang pada akhirnya akan kembali ke alam lagi.

“Sayangnya, mereka kembali ke laut mencemari laut dan mencemari ekosistem-ekosistem yang seharusnya nggak kita cemari,” jelas dia.

Selain itu, salah satu contoh dampak pembuangan sampah tekstil yang lain adalah pencemaran lingkungan sungai karena pembuangan limbah dari sampah tekstil. Hal itu sering kita dapatkan pada sungai-sungai yang tercemar menjadi berwarna tertentu akibat limbah tekstil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement