Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

Asma Nadia: Menulis Novel dari Karakter Nyata

Kamis 16 Jul 2020 00:24 WIB

Red: Irwan Kelana

Penulis Novel Asma Nadia dengan buku-buku karyanya.

Penulis Novel Asma Nadia dengan buku-buku karyanya.

Foto: dok Asma Nadia
Novel dari kisah nyata bisa menjadi pembelajaran bagi banyak orang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sedikitnya ada tiga novel dari 60 buku  Asma Nadia yang diterbitkan, yang beranjak dari karakter nyata. Setelah Cinta Dua Kodi yang telah pula diadaptasi ke film dan diperankan antara lain oleh Acha Setriasa, hadir novel Bidadari untuk Dewa berdasarkan kisah motivator muda: Dewa Eka Prayoga yang dalam usia 21 thn memperoleh 1 miliar pertamanya sebelum menikah, lalu  18 hari kemudian terkena utang 8 miliar rupiah.

Novel ketiga Sehidup Sesurga denganmu berdasarkan perjalanan kisah nyata Erlyani, sosok pengusaha muda yang bertahun-tahun menjadi asisten rumah tangga namun kini memiliki perusahaan kosmetik sendiri.

“Saya senang menulis novel dari kisah nyata, apalagi sosok-sosok yang diangkat memiliki perjalanan hidup yang inspiratif.” jelas Asma saat bersilaturahim  virtual dengan Republika.co.id, Rabu (15/7).

photo
Asma Nadia  (Foto: Dok. Pribadi)

Menurutnya lagi, novel-novel dari krakter dan pengalaman nyata bisa menjawab dalih anak muda yang menganggap sebuah novel cuma novel, fiktif.  “Novel-novel berdasarkan cerita nyata, sosok aslinya ada, perjalanan hidup yang penuh liku dan tantangan bukan cuma hasil imajinasi sehingga seharusnya real dan sangat bisa menjadi pembelajaran bagi banyak orang,” kata wanita yang sudah lima kali terpilih sebagai The World's 500 Most Influential Muslims (500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia).

Buku terbarunya Istri Kedua yang diterbitkan Penerbit Republika dan saat ini sinetronnya sedang tayang di televisi pun beranjak dari kisah nyata.

 “Saya bersyukur sebagai penulis dipercaya menggenggam kisah-kisah hebat perjalanan hidup seseorang. Semoga hikmah yang didapatkan pengarang bisa pula menyapa pembacanya,” ujar Asma menutup pertemuan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA