Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

Saturday, 21 Zulhijjah 1442 / 31 July 2021

157 Perakit Bersaing di "Gundam Builders World Cup"

Sabtu 15 Oct 2016 19:21 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Hazliansyah

Koleksi mainan Gundam

Koleksi mainan Gundam

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lebih dari 157 Gundam rakitan anak bangsa dipamerkan dalam acara "Gundam Builders World Cup (GBWC)" kelima. GBWC yang merupakan kompetisi kejuaraan Asia untuk para penggemar Gundam ini diselenggarakan di Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Kepala Divisi Pemasaran Anak-Anak PT Mitra Adiperkasa (MAP), Ratu Wulan menerangkan, 157 peserta sebelumnya harus merakit Gundam model kit sesuai kategori yang mereka ajukan untuk dilombakan.

“Nantinya akan dinilai oleh master Gundam dari Jepang,” kata Ratu kepada wartawan di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (15/10).

Sebelumnya, para peserta juga diminta mengumpulkan model kit mereka untuk diletakan pada tempat yang telah disediakan panitia dari 5 sampai 8 Oktober 2016. Pengumuman pemenang sendiri akan dilakukan pada Ahad (16/10). Mereka memperebutkan sejumlah hadiah yang telah disediakan panitia seperti Gundam PG, piala dan HG GBWC Limited Version. Bahkan, beberapa pemenang unggulan akan dikirim ke Jepang untuk kembali bertanding.

GBWC memiliki empat kategori dengan masing-masing tiga penghargaan, yakni Kategori Junior A (anak usia 10 tahun) dan Kategori Junior B (usia 11 sampai 14 tahun). Kemudian Kategori Terbuka A (15 sampai 20 tahun) dan Kategori Terbuka B (di atas 21 tahun).

“Untuk penilaiannya sendiri akan dilakukan master Gundam dari Jepang. Hal yang dilihat terutama kreativitasnya. Dalam artian Gundam memang sudah ada cara rakitannya tapi bukan berarti peserta tidak boleh menambah hal lain di luar konsep itu. Kretivitas peserta inilah yang dinilai, termasuk teknik cat dan kerapihannya juga,” kata dia.

Ratu menambahkan, fokus Gundam sendiri untuk mendidik dan membina kreativitas anak dengan merakit robot. Permainan ini juga baik untuk melatih konsentrasi dan ketelitian anak. Menurut dia, Gundam dianggap pelopor robot rakitan pertama diantara lainnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA