Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Wednesday, 14 Jumadil Akhir 1442 / 27 January 2021

Tips Merawat Bulu Kucing Persia Agar tak Mudah Rontok

Selasa 27 Sep 2016 08:14 WIB

Rep: MGROL77/ Red: Andi Nur Aminah

Kucing

Kucing

Foto: Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, Merawat hewan imut seperti kucing memang harus cermat agar tidak mudah stres. Selain itu juga perlu penanganan khusus agar bulunya tidak mudah rontok.

Azhari Pratama, salah seorang penggemar kucing persia mengatakan, dalam merawat kucing kucing  persia,  pria lulusan Universitas Pancasila itu melakukan beberapa hal berikut. Pertama, perhatikan makanan dan sesuaikan dengan jenis kucingnya. Dalam pengalamanya memberi makan kucing, dia mengatakan harus hati-hati agar tidak terjadi apa yang tidak diinginkan. "Harus  memilih makanan yang tepat. Merawat kucing sebenarnya susah-susah gampang, seperti makanan misalnya. Ada beberapa tipe makanan contohnya, ada makanan yang dapat membuat bulu lebat dan gemuk," kata dia.

Makanan kucing juga memiliki banyak tipe. Namun kucing menurut dia juga bisa bosanan pada makanan yang itu-itu saja. Oleh sebab itu perlu variasi jenis makanan yang bisa diberikan agar kucing dapat tetap makan. Beberapa jenis makanan pun disebutkannya untuk variasi seperti Persian 32, Persian 30, Persian 34, dan Persian 36.

Selain cermat memilih makanan, Azhari mengigatkan agar jangan lupa memberi vitamin dua kali sehari. Bahkan ada yang tiga kali sehari yang fungsinya untuk menebalkan bulu pada kucing. Selain itu juga untuk menghaluskan dan mencegah kerontokan biasanya yang dia memakai essensial fish oil.

Yang perlu diingat, Azhari mengatakan, kebersihan kandang kucing harus diperhatikan terutama pada bak pasirnya. Karena di situlah kuman dan virus berada. "Jangan lupa tiap tiga bulan kucing itu harus di vaksin. Contohnya vaksin triket, vaksin tetracat, dan vaksin rabies," tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA