Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Hati-Hati 'Bermain' dengan Meme

Selasa 01 Mar 2016 06:05 WIB

Rep: c27/ Red: Andi Nur Aminah

Meme Cirebon Kota Tilang

Meme Cirebon Kota Tilang

Foto: youtube.com

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meme atau gambar dengan kata-kata ringkas yang lucu begitu mendapat perhatian lebih di media sosial. Segala fenomena seakan bisa menjadi bahan olok-olokan yang mengundang tawa bagi yang melihat dan membacanya.

Hanya saja, di balik gemuruh tawa yang dihasilkan meme, ada dampak negatif yang ditimbulkan. Meme sering kali tidak hanya menggunakan gambar, tapi juga foto seseorang yang dianggap otentik.

Menurut Dhyta Caturani dari Purple Code, meme bisa menghasilkan dampak fisik atau psikologis pada seseorang yang menjadi meme tersebut. Hanya saja, ini sering kali terlewatkan oleh orang-orang yang mengkreasikan meme.

"Pikirkan baik-baik soal meme, ini gila-gila dan jahat-jahat. Kelihatannya lucu, tapi tidak pernah tau yang dirasakan ini bagaimana," ujar Dhyta belum lama ini.

Jika orang tersebut sengaja menjadikan dirinya meme agar terkenal di internet, itu tidak masalah. Namun sering kali justru orang-orang yang tidak tahu apa-apa menjadi korban meme dan sering menggunakan kata-kata konyol tapi memalukan bagi orang dalam foto tersebut.

"Kalau pejabat sih nggak apa, mereka memang perlu dibikin malu," ujar Dhyta sambil menjelaskan fenomena meme untuk menyindir kelakuan pejabat publik yang menurutnya kebanyakan tidak punya malu.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA