Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tip Ketika Memutuskan Berpergian Seorang Diri

Rabu 25 Dec 2019 06:54 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Sumber: travelwireasia.com

Sumber: travelwireasia.com

Jangan paksakan diri saat melakukan solo traveling untuk melihat banyak destinasi.

CEKNRICEK.COM -- Traveling merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk membuat pikiran lepas dari penatnya dunia kerja. Selain itu, traveling terbukti secara klinis memiliki manfaat untuk membantu menunjang kesehatan mental seseorang.

Meski demikian, traveling mungkin menjadi perkara rumit bagi mereka yang mengidap gangguan mental, depresi, maupun gangguan kecemasan. Apalagi jika bepergian sendirian. 

Berikut cara yang patut Anda coba demi menjaga kesehatan mental saat solo traveling dari berbagai sumber.

Kesehatan Mental adalah Prioritas Utama
Kelola tingkat stres Anda dan luangkanlah waktu untuk diri sendiri. Kalau memang diperlukan, traveling-lah sendirian. Jangan pernah merasa bersalah karena lebih memilih solo traveling ketimbang pergi bersama teman. 

Tetap Tenang dan Rileks
Kalau Anda memang tak merasa nyaman diburu waktu atau jadwal saat liburan, Anda tak mesti membuat itinerary penuh dengan beragam agenda. Cukup tetapkan apa yang Anda mau, sehingga apabila Anda merasa tak nyaman dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya, Anda bisa lebih fleksibel dalam mengatur waktu. 

Kewalahan dan Mudah Lelah Biasa Terjadi
Semua orang pernah merasa kewalahan saat pertama kali mendatangi lingkungan baru. Memulai percakapan dengan orang baru, mencari teman, mengurus segala sesuatunya sendiri saat traveling adalah hal-hal yang bisa membuat Anda jadi lelah. Tapi kondisi tersebut saat traveling sudah biasa terjadi, jadi tidak perlu cemas dan berpikir positif.

Baca Juga: 5 Cara Packing Koper Praktis Buat Liburan Makin Seru

Tetap Tenang dan Jaga Mood
Jangan paksakan diri Anda saat melakukan solo traveling untuk melihat atau mengunjungi sebanyak mungkin destinasi wisata di tempat tersebut. Atur ritme Anda dengan baik jangan sampai malah membuat diri Anda jadi tertekan dan kehilangan motivasi untuk berlibur. 

Makan dengan Teratur
Saat jalan-jalan usahakan Anda mendapat asupan nutrisi yang cukup dari makanan setiap harinya. Imbangi aktivitas dengan makanan yang enak dan bisa membuat hati jadi senang.

Pastikan makanan yang Anda konsumsi memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin, lemak, dan mineral yang seimbang agar tubuhmu terasa nyaman ketika jalan-jalan. Dan jangan lupa untuk minum air putih setidaknya dua liter per hari untuk menjaga tubuhmu tetap terhidrasi. 

Untuk melengkapinya, jangan lupa membawa dan meminum obat-obatan yang tengah Anda konsumsi sesuai dengan aturan dokter.

Olahraga Sebagai Moodbooster
Olahraga dikenal sebagai salah satu moodbooster terbaik. Maka dari itu sempatkanlah olahraga selagi traveling. Misalnya dengan memanfaatkan fasilitas yang ada di hotel atau hostel tempat menginap.

Atau Anda bisa mencoba berlari sambil mengelilingi kota pada pagi atau sore hari. Selain bisa meningkatkan mood dan kesehatan, berlari memberikan Anda pengalaman berbeda dalam menikmati kota tujuan. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Cek INTERNASIONAL, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: ThomasRizal

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA