Saturday, 18 Sya'ban 1441 / 11 April 2020

Saturday, 18 Sya'ban 1441 / 11 April 2020

Satu Juta Kue Kolombengi Disajikan di Festival Walima

Ahad 03 Jan 2016 21:34 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Suasana pelaksanaan Festival Walima di Gorontalo

Suasana pelaksanaan Festival Walima di Gorontalo

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Sebanyak satu juta kue kolombengi disajikan pada Festival Walima di Desa Bubohu Bongo, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Ahad (3/1). Iring-iringan Tolangga berisikan kue kolombengi yang merupakan kue khas Gorontalo diarak warga dari rumah masing-masing hingga ke Masjid. Kue itu  nantinya kue akan dibagikan kepada masyarakat yang hadir pada Festival Walima.

(Baca Juga: Ribuan Warga Padati Festival Walima Gorontalo).

Selain itu digelar juga Karnaval Walima yang dibawakan oleh siswa SMK Pariwisata Bubohu, tari-tarian tradisional. Festival Walima merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati  Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini  selalu ramai didatangi warga Gorontalo dari kota maupun Kabupaten Gorontalo.

Yosef Tahir Ma'ruf yang merupakan pendiri Yayasan Yotama dan penggagas Festival Walima mengatakan, perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Bubohu sama seperti perayaan di tempat lain. Namun untuk di Bubohu sendiri menjadi menarik karena dikemas melalui konsep parade dan festival. Tahun ini sebanyak satu juta kue kolombengi disajikan dan diarak menggunakan tolangga ke Masjid di Bubohu, Bongo.

"Konsep parade dan festival Walima dalam kemasan Desa Wisata Religius menjadikan wisatawan lebih merasa dipertontonkan adat dan budaya Gorontalo, ini merupakan tahun 19, butuh waktu yang panjang untuk membuat Festival Walima menjadi seramai sekarang," ungkap pria yang sering disapa Yotama tersebut.

Yotama menambahkan, peringatan Maulid Nabi di Bubohu menjadi berbeda karena ada kemasan dari leluhur yaitu kue kolombengi.  Baik dari cara memasak maupun adonan, menurutnya berbeda karena orang di Bubohu dulu memberi kue basah kepada warga usai berdzikir namun kue tersebut menjadi basi. 

Maka akhirnya diciptakan kue yang mampu bertahan selama berbulan-bulan yaitu kue kolombengi. "Kue Kolombengi yang diproduksi di Bubohu, Bongo bahkan sudah di kirim keluar daerah sebagai salah satu kue tradisional Gorontalo dan menjadi oleh-oleh Gorontalo yang digerakkan oleh UKM disini," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA