Tuesday, 23 Zulqaidah 1441 / 14 July 2020

Tuesday, 23 Zulqaidah 1441 / 14 July 2020

Indofest Jadi Digelar Oktober di Adelaide

Selasa 09 Jun 2015 15:40 WIB

Red: Indira Rezkisari

Para pengisi acara di Indofest.

Para pengisi acara di Indofest.

Foto: ABC News

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah sebelumnya dijadwalkan berlangsung bulan April namun ditunda karena eksekusi Bali Nine, Festival Indonesia terbesar di luar negeri, Indofest dipastikan akan digelar di ibukota Australia Selatan, Adelaide, 5 Oktober mendatang.

Indofest sejak tahun 2008 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan di Adelaide oleh komunitas Indonesia dan dijuluki sebagai festival terbesar di luar Indonesia yang pernah diselenggarakan.

Setiap tahunnya, sekitar 15 ribu orang menghadiri acara tersebut dan diselenggarakan di Rymill Park dan biasanya diselenggarakan di bulan April. Namun jadwal semula 12 April 2015 dibatalkan oleh panitia bulan Maret lalu karena masih belum jelasnya tanggal pelaksanaan eksekusi terhadap dua terpidana mati asal Australia Andrew Chan dan Myuran Sukumaran. Panitia memutuskan untuk menunda penyelenggaraan karena bila dilangsungkan bulan April akan terjadi di waktu yang tidak 'sensitif' karena begitu dekat dengan terjadinya eksekusi.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Indofest 2015 Chris Majewski, sekarang Indofest akan diselenggarakan hari Senin, 5 Oktober, yang  bertepatan dengan hari libur di negara bagian Australia Selatan tersebut. "Kami sudah mengadakan diskusi dengan berbagai organisasi dan institusi dalam beberapa bulan terakhir untuk mencari waktu yang tepat bagi penyelenggaraan festival. Proses yang tidak mudah, namun sekarang kami sudah mengambil keputusan." kata Chris Majewski di halaman Facebook Indofest.

Bila sebelumnya Indofest diselenggarakan di Rymill Park, maka Indofest 2015 akan diselenggarakan di halaman gedung-gedung budaya Adelaide di North Terrace. "Kami bangga bahwa fesitval seni dan budaya Indonesia ini akan diselenggarakan di dalam maupun luar ruangan yang disediakan oleh Museum Migrasi, SA Museum, Galeri Seni SA dan juga Perpustakaan, semuanya di pusat kehidupan budaya Adelaide di North Terrace," lanjut Majewski.

Ini adalah untuk pertama kalinya pusat budaya Adelaide digunakan untuk festival oleh sebuah komunitas. Menurut Elvia Shauki, seorang dosen di Universitas South Australia asal Indonesia, yang juga menjadi pantia penyelenggara, Indofest 2015 menjadi unik karena dalam waktu yang bersamaan di bulan September-Oktober diselenggarakan OzAsia Festival dimana Indonesia menjadi tema utamanya tahun ini.

"Jadi Indofest akan menjadi puncak acara tahun ini. Nanti di North Terrace akan ada 3 panggung, dengan salah satunya panggung berjalan, yang akan kita isi dengan berbagai kegiatan mengenai Indonesia." kata Elvia hari Senin (9/6).

sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2015-06-09/indofest-adelaide-akan-dilangsungkan-bulan-oktober/1456860
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA