Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Memilih Sepatu Basket Sekelas Pemain Profesional

Rabu 26 Jan 2022 20:38 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

Pemilihan sepatu sangat berpengaruh terhadap performa pebasket.

Pemilihan sepatu sangat berpengaruh terhadap performa pebasket.

Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pemilihan sepatu sangat berpengaruh terhadap performa pebasket.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemilihan pakaian, termasuk sepatu sangat berpengaruh terhadap performa pebasket. Menurut Fidyan Dini (Yandi), mantan atlet bola basket profesional, pemilihan sepatu berpengaruh terhadap kualitas permainan. Kualitas sepatu yang mendukung tentu dapat membuat nyaman dan meningkatkan kinerja pemain.

Pertama, setiap atlet punya karakter, posisi dan cara bermain yang berbeda. Meskipun pergerakan pemain berbeda-beda, tetapi harus nyaman dengan yang dipakainya. 

Baca Juga

“Tapi yang paling penting kaki itu harus nyaman dan bagaimana cara sepatu menjaga para pemain dari cedera, tidak merasakan licin atau lebih enak yang empuk,” kata Yandi dalam puncuran Curry Flow 9 bekerjasama dengan Sesame Street, acara televisi di Amerika karya Jim Henson, Rabu (26/1/2022).

Kemudian, fungsi keselamatan ini tidak kalah penting. Pilih sepatu yang mampu melindungi pemain, baik dari rasa sakit maupun potensi cedera. Saat ini, pebasket sudah mulai banyak menyukai sepatu dengan ukuran medium atau low. Meski kelihatannya pendek, tetapi yang terpenting adalah fungsinya yang aman, misalnya dapat menyelamatkan engkel pemain.

Menurut Ronaldo Sitepu yang juga mantan atlet bola basket profesional, untuk latihan maupun pertandingan, lari seorang pemain tergantung pergerakannya. Hanya saja, ketika memilih sepatu yang tepat, pergerakan pemain juga bisa lebih lincah dan tak terbatas.

“Intinya intinya lari cepat, lompat tinggi dan mendarat dengan aman, karena teknologi sepatu lebih ketat menjaga bagian tengah untuk pebasket juga performanya makin kencang,” kata dia.

Memang orang kerap melihat model atau desain untuk pertama kalimya. Warna yang seru boleh jadi mempengaruhi semangat bermain.

“Cuma memang lebih ke kenyamanan, resisten, penting bagaimana daya tahannya saat latihan dan menahan  bobot kita itu gimana,” tambah dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA