Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

8 Ciri-Ciri Kamu Wanita yang Financial Independent

Kamis 27 Jan 2022 10:07 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

8 Ciri-ciri Kamu Wanita yang Financial Independent

8 Ciri-ciri Kamu Wanita yang Financial Independent

Kamu termasuk wanita yang Financial Independent? Berikut beberapa ciri-ciri wanita yang mampu hidup independen dan pintar mengatur keuangan hingga masa depan.

Setiap orang tentu memiliki cara tersendiri dalam mengatur keuangan masing-masing. Bagi kamu yang sudah berkarir, terutama wanita, pasti sudah memahami pentingnya mengatur keuangan supaya masa depan lebih terjamin dan tidak bergantung pada pasangan. 

Meskipun rata-rata para perempuan nantinya akan menikah dan memiliki pasangan, mengembangkan kebiasaan serta cara mengatur keuangan dengan efektif perlu dilakukan sejak dini. Hal ini dilakukan supaya kamu para ladies bisa hidup secara mandiri dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Berikut ini adalah ciri-ciri perempuan yang mampu hidup independen dan pintar mengatur keuangan. Mungkin beberapa diantaranya sudah mencerminkan pribadimu nih!

 

Ciri-Ciri Perempuan Financially Independent

1. Punya Pekerjaan atau Penghasilan Tetap

punya penghasilan

Punya pekerjaan atau penghasilan tetap

Memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap menandakan bahwa kamu memiliki kestabilan finansial. Masih banyak ternyata para perempuan disana yang masih sulit mencari kerja dan bergantung pada pasangan tiap bulan untuk mendapatkan penghasilan. Selain kestabilan finansial, kamu juga bebas mengatur sendiri keuanganmu karena uang tersebut datang dari jerih payah atau usaha sendiri.

2. Bisa Bayar Tempat Tinggal, Makan, dan Tagihan Sendiri

Memiliki penghasilan tetap juta artinya kamu bisa dengan mudah memenuhi kebutuhan bulanan seperti bayar kos, makan tiap hari, atau bayar tagihan listrik dan air. Mampu membayar hal-hal ini dengan lancar tandanya sudah bisa hidup secara independen bukan? Kamu juga tidak perlu berutang ke sana-sini atau mengandalkan keluarga dan pasangan untuk membantu menyambung hidup tiap bulan.

Baca Juga: Mulai Usaha Sampingan Tapi Tak Punya Modal? Cek Pinjaman Berbasis Syariah Ini

3. Bisa Rutin Menabung Walaupun Tak Seberapa

Apabila kamu bisa menabung secara rutin tiap bulan maka kamu perempuan yang cukup independen. Mampu memenuhi kebutuhan hidup tiap bulan itu satu hal, tapi kalau masih bisa tetap menabung itu tandanya hebat. Banyak para ladies di luar sana yang punya kebiasaan boros sehingga susah untuk menabung.

Bisa menyisihkan uang tiap bulan walaupun sedikit sudah mencerminkan kalau kamu cekatan dalam mengatur keuangan. Apabila sudah terbiasa, bukan tidak mungkin menambah jumlah tabunganmu bukan?

4. Bisa Beli Barang Branded Pakai Uang Sendiri

dior

Beli barang branded sendiri

Kalau bisa beli barang-barang branded pakai uang sendiri, tentunya kamu sudah bisa menabung dan bahkan punya uang lebih untuk memenuhi kebutuhan lain. Jika sudah mampu bergaya dengan uang sendiri, artinya kamu sudah cukup independen sebagai perempuan. 

Namun perlu diingat, barang-barang branded ini sifatnya tersier. Jadi ada baiknya tidak sering-sering dibeli kalau kamu mau hidup hemat. Bisa sesekali beli barang branded aja sudah keren kok tidak perlu memaksakan untuk beli terus.

5. Punya Kartu Kredit Tanpa Tunggakan

Punya kartu kredit tapi tidak pernah telat bayar? Bagus. Tandanya kamu bisa pintar-pintar belanja dan masih tetap bisa bayar tagihannya tiap bulan. Bahkan lebih baik lagi apabila kamu tidak punya tunggakan dan bisa langsung melunasinya tiap bulan. Tidak punya tunggakan kartu kredit tentunya mencerminkan keuangan yang sehat. 

Ingat untuk selalu gunakan kartu kredit sesuai kebutuhan dan batas pemakaiannya agar tidak boros. Walaupun pakainya mudah, kamu bisa terkejut apabila tagihannya sudah terkumpul nanti apabila tidak dikendalikan.

6. Punya Pekerjaan Sampingan

Memiliki penghasilan tetap itu hal yang baik, tapi kalau punya pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang tambahan itu keren. Memiliki pekerjaan sampingan tentunya kamu sudah mampu memanfaatkan kesempatan dan keahlian yang dimiliki dengan baik. Hal ini mencerminkan ciri wanita independen.

Kamu tahu kesempatan ketika datang dan tahu keahlian apa yang kamu punya. Tidak semua perempuan bisa menjadikan hal-hal tersebut sebagai sumber uang.

Baca Juga: Tips Sukses Kerja Sampingan di Masa Pandemi Corona

7. Punya Tabungan Pensiun Sendiri

Menabung secara rutin saja terkadang susah, kalau punya tabungan pensiun berarti kamu sudah cukup independen. Mempersiapkan masa tua sangatlah penting apalagi kalau sudah berkeluarga dan melahirkan nanti. Dengan memiliki tabungan pensiun sejak dini, maka setidaknya masa depanmu bisa sedikit lebih terjamin. Pisahkan sebagian dari pendapatan untuk masa tua supaya nanti kamu bisa hidup tenang ketika sudah pensiun nanti ya.

8. Kamu Bisa Rutin Berinvestasi

investasi

Rutin berinvestasi

Memiliki investasi dalam bentuk apapun merupakan tanda kebebasan finansial. Jika kamu sudah mampu meluangkan pendapatan untuk berinvestasi maka keuanganmu akan lebih terjamin di masa depan. Perlu diingat, investasi bisa dilakukan dalam jangka pendek, menengah, atau panjang. Sebisa mungkin lakukan investasi dalam bentuk apapun supaya uangmu bisa terus bertambah.

Investasi memang memiliki risiko yang berbeda-beda. Jadi kalau kamu sudah bisa melakukan investasi pastikan kamu sudah tau risiko dan keuntungannya.

Perempuan Juga Bisa Merdeka Secara Finansial

Kebebasan finansial bukan hanya bisa diraih oleh kaum adam saja. Kamu sebagai perempuan juga harus bisa mengatur keuangan dengan baik supaya bisa lebih mandiri tidak tidak tergantung dengan pasangan. Apabila kamu sudah memiliki beberapa ciri-ciri di atas, tandanya kamu sudah berada di jalan yang benar.

Baca Juga: 5 Jurus Ampuh Bebas dan Merdeka Finansial agar Hidupmu Tenang

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA