Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

Monday, 23 Zulhijjah 1442 / 02 August 2021

8 Barang yang Bisa Buat Anda Menyesal Setelah Membelinya

Kamis 24 Jun 2021 13:32 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Jenis barang yang bisa membuat orang menyesal setelah membelinya (ilustrasi).

Jenis barang yang bisa membuat orang menyesal setelah membelinya (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Mengikuti tren secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi keuangan Anda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengikuti tren bukan sebuah kesalahan. Namun jika itu berlebihan, tentu dapat berdampak buruk. 

Contohnya, seseorang yang cenderung terus mengikuti keinginan tanpa memperhatikan kondisi keuangan, maka tentu membatasinya adalah solusi. Yankelovich, sebuah firma riset pasar, menyatakan bahwa pada 2007, rata-rata orang modern terpapar 5.000 iklan sehari.

Sebagian besar berbasis media sosial dan sangat bagus dalam meyakinkan orang untuk membutuhkan sesuatu yang baru dan barang-barang tersebut layak untuk dibelanjakan. Hal ini bisa menjadi bencana bagi mereka yang ingin menghemat uang. Ada beberapa cara untuk menghindari pengeluaran uang terhadap barang-barang modis atau setidaknya menjaga biaya seminimal mungkin. 

Berikut delapan pembelian barang yang bisa disesali seusai membelanjakannya, dilansir di laman Daily Record, Kamis (24/6):

1. Mengikuti tren pakaian

Contohnya, mengikuti tren celana jeans. Semua orang belum tentu cocok dengan jeans berkaki lebar atau mengenakan celana jeans mid-rise/flare. Jadi, saran terbaik adalah menunggu atau memilih gaya yang nyaman tanpa terus mengikuti tren yang tidak akan ada habisnya.

2. Peralatan masak 

Menghabiskan uang untuk peralatan masak demi sesuatu yang kurang dari fungsionalitas dan daya tahannya sebenarnya dapat merugikan. Tidak selalu barang asli sesuai dengan yang diiklankan. 

3. Vitamin dan suplemen yang dipersonalisasi

Paket vitamin yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh sangat populer saat ini. Selama setahun terakhir, hal itu memicu banyak ahli kesehatan untuk meninjau apakah vitamin tersebut sepadan dengan uangnya atau tidak. Menurut ahli, kebanyakan orang tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin jika mereka mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

4. Makanan viral di media sosial

Membuat sesuatu yang Instagramable terkadang dapat mengartikan bahwa lebih banyak perhatian telah diberikan pada tampilannya daripada fungsi sebenarnya dari item tersebut.

Ini juga berarti orang bersedia menghabiskan lebih banyak uang untuk itu dan berlaku untuk makanan dan. Tetap tenang ketika memilih restoran atau kedai kopi untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan nilai uang dan makan sesuatu yang lezat.

5. Cat yang sangat mahal

Cat dinding bisa menjadi sangat mahal atau jika Anda mengikuti tren interior. Biaya ini tidak akan menjadi investasi jangka panjang yang Anda harapkan.

6. Parfum mahal

Baik itu parfum, lilin, minyak, kemungkinan besar akan ada memiliki yang sama. Karena tren datang dan pergi, kemungkinan produk bau favorit Anda akan dijual, jadi bersabar dan hemat uang Anda.

7. Jurnal mewah

Menulis beberapa bentuk catatan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental, organisasi, dan kreativitas Anda yang mungkin menjadi alasan mengapa ada begitu banyak pilihan saat membelinya. Namun kepuasan menyelesaikan perencana atau jurnal, bisa dengan pilihan lebih murah.

8. Tanaman hias

Banyak orang yang tinggal di rumah telah menghabiskan uang untuk teman-teman hijau kecil mereka. Jika Anda salah satu dari orang-orang yang tidak dapat menemukan keseimbangan yang tepat antara sinar matahari dan air, Anda mungkin membuang-buang uang. Memilih tanaman palsu atau mencari tanaman yang membutuhkan sangat sedikit sinar matahari dan air bisa membuat Anda lebih berhemat.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA