Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

Monday, 5 Syawwal 1442 / 17 May 2021

9 Tips Belajar di Rumah Agar Tetap Menyenangkan

Rabu 06 Jan 2021 16:49 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Gita Amanda

Belajar di rumah, (ilustrasi).

Belajar di rumah, (ilustrasi).

Foto: Huffingtonpost
Aktivitas belajar dari rumah tak sepenuhnya mudah perlu tekad dan pola pikir positif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan situasi pandemi Covid-19, sekolah maupun perguruan tinggi kini mengadakan pembelajaran secara daring. Namun, aktivitas belajar dari rumah tidak sepenuhnya mudah. Dibutuhkan tekad yang kuat dan pola pikir positif untuk membentuk kebiasaan belajar yang sangat efektif.

Berikut tips membuat suasana belajar dari rumah tetap menyenangkan dikutip dari studybreaks.com :

1. Memiliki Pola Pikir yang Positif

Pendekatan belajar yang positif akan membuka pikiran Anda untuk belajar dibandingkan dengan belajar sambil terganggu oleh masalah pribadi dan kekhawatiran lainnya. Ini juga membantu jika Anda tidak membandingkan diri Anda dengan orang lain, yang selanjutnya dapat berdampak negatif pada cara Anda memandang belajar itu seperti apa. Maka dari itu, pikiran positif sangat penting saat sedang belajar agar apa yang dibaca juga terserap ke otak dengan baik.

2. Buat Beberapa Catatan Penting

Saat dosen atau guru sedang menjelaskan materi yang disampaikan, Anda bisa menulis poin-poin yang penting agar nantinya bisa dipelajari lagi. Catatan itu nantinya juga berfungsi saat ujian tiba. Perlu diingat, Anda harus mempersiapkan secara tepat dengan memeriksa jadwal sekolah atau kuliah serta membaca materi yang relevan.

3. Carilah Tempat yang Kondusif untuk Belajar

Mencari tempat kondusif untuk di rumah itu sulit dan banyak godaannya. Anda tidak dapat menghindari orang tua atau saudara yang menonton televisi dengan volume yang kencang, tidak dapat menahan diri untuk membuka akun Instagram atau media sosial lainnya. Sehingga Anda banyak teralih dengan hal yang menyenangkan daripada untuk membaca dan belajar.

Untuk mengatasi masalah ini, tetapkan tempat di dalam rumah Anda yang membuat Anda bisa konsentrasi dan tidak teralihkan. Misalnya, di dalam kamar atau di teras.

4. Tentukan Durasi Waktu untuk Belajar

Anda mungkin kesulitan meninggalkan tugas yang belum selesai. Dengan belajar secara daring, sangat mudah untuk mendorong diri Anda sendiri untuk menyelesaikan semuanya sekaligus dan nantinya malah kehabisan tenaga.

Dari sekarang Anda harus mendurasikan waktu belajar Anda, dengan membuat rencana atau mengatur jadwal belajar, sebisa mungkin patuhi aturan delapan jam dalam satu hari. Jangan belajar secara berlebihan seperti lebih dari 10 jam. Sebab, otak butuh istirahat.

5. Buat Grup Obrolan di Akun Media Sosial

Percayalah pada pepatah bahwa dua (atau lebih) kepala lebih baik daripada satu. Buat obrolan grup dengan teman-teman Anda. Obrolan grup mendorong Anda untuk mendiskusikan pelajaran, memberikan tanggapan Anda pada materi yang dipelajari dan meninjau catatan-catatan yang belum lengkap.

Untuk memastikan bahwa obrolan grup berharga dan berguna, putuskan topik mana yang akan didiskusikan sebelumnya dan tetap berpegang pada topik ini. Selain itu, pendekatan pembelajaran yang lebih sosial juga dapat membantu kesehatan mental Anda terutama di tengah pandemi seperti ini.

6. Tetap Berhubungan dengan Guru maupun Dosen

Salah satu kunci sukses pembelajaran secara daring adalah memiliki hubungan baik dengan guru maupun dosen. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan tentang perkuliahan atau hal lain yang lebih spesifik. Hubungi mereka juga jika Anda memiliki masalah akademis atau bahkan pribadi.  Mereka dapat menawarkan nasihat yang tepat tentang mata pelajaran yang mempengaruhi kinerja Anda.

7. Makanlah dengan Teratur dan Cukup dengan Gizi

Dunia yang serba cepat dan sibuk ini dapat berdampak buruk pada kesehatan Anda, memaksa Anda untuk memilih makanan cepat saji daripada makanan sehat yang menghabiskan terlalu banyak waktu untuk disiapkan.

Makanan memberi nutrisi pada otak kita. Kekurangan makanan juga dapat menyebabkan kesulitan tidur, daya ingat yang buruk dan kesulitan dalam memecahkan masalah. Ini hal-hal yang perlu Anda hindari jika Anda ingin menjaga otak Anda dalam kondisi yang baik.

8. Hindari Menunda Mengerjakan Tugas

Jangan biarkan diri Anda menunda mengerjakan tugas dari sekolah maupun perguruan tinggi Anda. Sebab, hal tersebut tidak baik dan membuat beban semakin berat. Gunakan waktu sebaik mungkin. Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menonton televisi dan Netflix secara berlebihan atau memeriksa akun media sosial Anda.

9. Istirahat yang Cukup

Seringkali terburu-buru menyelesaikan semuanya, Anda lupa untuk mengambil waktu istirahat yang sangat dibutuhkan. Terlalu banyak belajar membuat Anda terlalu mudah merasa lelah dan mungkin menghalangi Anda untuk memproses informasi dengan benar.

Luangkan waktu untuk keluar berjalan-jalan atau menjauh dari ruang belajar Anda. Bisa juga istirahat dengan melakukan tidur siang. Untuk malam hari, jangan sampai begadang, harus tidur yang cukup. Hal ini membantu Anda belajar lebih efektif untuk seterusnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA