Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Berbagai Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Kamis 26 Nov 2020 12:49 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Cermati

Cermati

Salah satu jenis kacang-kacangan ini sering diolah menjadi hidangan pencuci mulut.

Kacang merah adalah salah satu bahan makanan yang sangat sering diolah. Mulai dari  makanan berat seperti campuran rendang, sup, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, salah satu jenis kacang-kacangan ini juga sering diolah menjadi hidangan pencuci mulut seperti es kacang merah atau isian dari Taiyaki (kue ikan).

Pemilik nama latin Phaseolus Vulgaris ini tidak hanya dikenal dari warnanya saja, tapi juga dikenali dari bentuknya yang khas yakni seperti ginjal. Karena bentuknya tersebut, kacang ini dinamakan Kidney Beans (dalam Bahasa Inggris).

Baca Juga: Beragam Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan yang Ada di Dalam Kacang Merah

kacang merah

Kacang Merah

Pengonsumsian kacang merah secara rutin, akan memberikan manfaat kepada kesehatan. Sebab kacang yang satu ini, memiliki segudang nutrisi dan zat baik. Berikut adalah kandungan nutrisi kacang merah.

  • Protein.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Antioksidan.
  • Vitamin C.
  • Vitamin B Kompleks.
  • Asam Folat.
  • Mineral.
  • Kalium.
  • Magnesium.
  • Kalsium.
  • Fosfor.
  • Zat Besi.
  • Zinc.
  • Biotin.
Baca Juga: Ada Banyak Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan, Salah Satunya untuk Meningkatkan Imunitas!

14 Manfaat Kacang Merah

Dari semua jenis kacang-kacangan, kacang merah memang memiliki nutrisi yang melimpah. Kandungan tersebut lah yang akhirnya memberikan khasiat-khasiat baik untuk orang yang mengonsumsinya.

  1. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

    Kacang merah menjadi salah satu makanan yang paling dianjurkan kepada penderita diabetes karena kaya akan protein dan serat, serta memiliki indeks glikemik yang rendah.

    Hal ini membuat penderita diabetes bisa mengatur kandungan gula dalam darah mereka. Kidney Beans juga akan mendorong insulin alami yang diproduksi tubuh untuk bekerja secara efektif. Sehingga, tubuh bisa mengolah asupan gula yang masuk menjadi energi.

  2. Mencegah Penyakit Jantung

    Kandungan serat yang terdapat dalam kacang merah cenderung sangat tinggi. Misalnya pada 200 gram kacang merah, terdapat 46 gram serat. Padahal sehari-hari tubuh hanya membutuhkan 25-30 gram saja.

    Tidak hanya tinggi akan serat, kacang merah juga mengandung kalium. Di mana masing-masing nutrisi tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu, kandungan kalium juga ikut menyumbang dalam kesehatan dan menyeimbangkan irama jantung agar berdetak secara normal.

  3. Mencegah Masuknya Penyakit

    Kacang merah juga kaya akan antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk mencegah masuknya penyakit dengan cara meningkatkan sistem imun yang sudah ada di dalam tubuh.

    Antioksidan akan bekerja dengan cara menunjang kinerja Makrofag (sel yang ada di sel darah putih) untuk menghancurkan zat asing yang biasa masuk ke dalam tubuh.

  4. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker

    Salah satu zat asing yang dibunuh oleh makrofag adalah radikal bebas. Salah satu zat yang menjadi pemicu munculnya sel kanker. Mengonsumsi kacang merah setiap hari, berarti akan meminimalisir risiko seseorang terkena penyakit kanker.

    Tidak berhenti di situ, serat yang tinggi juga membantu tubuh untuk mendorong keluarnya zat-zat asing. Sehingga, mencegah risiko terjadinya kanker pencernaan.

  5. Mengurangi Potensi Munculnya Sembelit

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tingginya kandungan serat yang ada di dalam kacang merah tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker pencernaan. Tapi juga mengurangi potensi munculnya sembelit.

    Sebab mengonsumsi makanan yang tingg akani serat merupakan kunci agar terhindar dari berbagai penyakit atau masalah pencernaan termasuk sembelit.

  6. Mencegah Osteoporosis

    Kalsium dan magnesium dalam kacang merah menjadi makanan nutrisi yang dibutuhkan tulang. Kedua zat ini bekerja bersama untuk menguatkan tulang. Jika kesehatan tulang terjaga, maka risiko terkena osteoporosis pun akan berkurang.

    Tidak hanya osteoporosis, kedua nutrisi ini juga mampu mencegah berbagai penyakit tulang dan sendi lainnya. 

    Oleh karena itu, jaga kesehatan tulang Anda dengan rutin mengonsumsi kacang dengan bentuk seperti ginjal ini. Jangan lupa, untuk rajin bergerak dan berjalan agar kasiat yang didapatkan lebih maksimal.

  7. Menurunkan Berat Badan (Cocok Menjadi Menu Diet)

    Kacang merah adalah salah satu makanan yang cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang melakukan program diet. Kandungan seratnya yang tinggi mampu melancarkan pencernaan. 

    Tidak hanya itu, kandungan protein juga mampu memberikan sensasi kenyang lebih lama. Ketimbang bahan makanan yang rendah protein. Jadi, tidak perlu sering-sering makan lagi!

  8. Membantu Tubuh Membentuk Otot

    Tidak hanya memberikan sensasi kenyang yang lebih lama, protein juga memiliki fungsi lainnya jika dikonsumsi, yaitu:

    • Salah satu bahan yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk otot.
    • Campuran karbohidrat dan protein juga digunakan tubuh untuk mendapatkan energi. 
  9. Asupan Nutrisi untuk Ibu Hamil

    Kacang merah juga menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil karena memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh sang ibu dan jabang bayi. Beberapa nutrisi tersebut adalah, asam folat dan zat besi. 

    Zat besi sangat berguna untuk menambah sel darah merah yang dibutuhkan oleh setiap ibu hamil. Serta, asam folat yang sangat baik untuk perkembangan otak anak, mengurangi risiko cacat lahir, dan masih banyak lagi.

  10. Meredakan Asma

    Tidak hanya baik untuk tulang, magnesium yang ada di kacang merah juga berfungsi sebagai pereda asma. Zat ini bisa memicu munculnya efek bronkodilator yang akan membuat asma menjadi cepat reda.

  11. Mencegah dan Membantu Pemulihan Katarak

    Vitamin A bukan lah satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata. Salah satu zat lain yang juga baik untuk kesehatan mata adalah Vitamin B Kompleks. Tepatnya ada di Vitamin B3 atau niasin. Niasin memiliki banyak manfaat baik, salah satunya mencegah terjadinya katarak. Selain pencegahan, vitamin B3 juga dapat membantu penyembuhan luka yang disebabkan oleh katarak mata.

  12. Menjaga Kesehatan Kuku

    Manfaat kacang merah selanjutnya adalah menjaga kesehatan kuku agar tidak mudah patah dan tetap berwarna merah muda. Vitamin yang memiliki andil dalam menjaga kesehatan kuku ini adalah biotin. 

    Jika seseorang kekurangan biotin, maka kuku akan terlihat lebih gelap, kering, dan lebih lama dalam bertumbuh.

  13. Membuat Kulit Semakin Cantik

    Mengonsumsi kacang merah secara rutin dapat menjaga kesehatan kulit, sehingga terlihat lebih muda dan sehat. Kacang ini bisa menjaga metabolisme dari beberapa zat dalam tubuh yang memiliki pengaruh besar untuk kesehatan kulit. Seperti, asam amino, sintesis neurotransmitter, hingga asam lemak.

  14. Memulihkan Jerawat

    Sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kacang merah mengandung zinc dan asam folat. Zinc dan asam folat berguna untuk mengendalikan kelenjar keringat, menjaga kesehatan kulit seseorang, membersihkan pori-pori wajah, dan membantu pembentukan sel kulit yang baru.

    Oleh karena itu, mengonsumsi kidney beans secara rutin dapat membantu proses pemulihan jerawat.

Imbangi dengan Pola Hidup Sehat

Kini kita semua tahu apa saja manfaat yang diperoleh oleh tubuh, ketika rutin mengonsumsi kacang merah. 

Tidak hanya mencegah penyakit-penyakit ringan seperti sembelit dan jerawat. Kacang merah juga mampu mengatasi masalah degeneratif yang berbahaya. Seperti penyakit jantung, kanker, darah tinggi, diabetes, dan osteoporosis.

Namun, rutin mengonsumsinya saja tidak cukup. Anda juga perlu mengubah pola hidup ke arah yang lebih baik dan sehat agar manfaat yang didapatkan semakin maksimal.

Baca Juga: Wajib Dicoba, 9 Makanan Murah Ini Ampuh Bikin Kulit Putih Berseri

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB