Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Tuesday, 9 Rabiul Akhir 1442 / 24 November 2020

Cara Memotret Hewan Peliharaan Agar Terlihat Estetik

Kamis 22 Oct 2020 18:46 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Kucing peliharaan (ilustrasi).

Kucing peliharaan (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Hewan peliharaan cenderung bersemangat saat berada di luar ruangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Punya hewan peliharaan, tapi tak punya banyak foto lucu? Apa rahasia mengambil foto viral lucu hewan peliharaan?

Melansir dari laman Toms Guide, berikut 12 tip fotografi hewan peliharaan untuk membuat mereka terlihat menakjubkan:

1. Luar ruangan

Hewan dan alam bebas sangat cocok. Tidak hanya cahayanya lebih baik, tapi hewan peliharaan juga cenderung bersemangat saat berada di luar ruangan.

Cobalah memotret hewan peliharaan kucing atau anjing di halaman belakang, saat berjalan-jalan di sekitar lingkungan atau bermain di taman. Untuk hasil terbaik, potret pada hari mendung atau saat matahari rendah untuk menghindari bayangan jelas. Jika kalian memiliki kucing dalam ruangan, cobalah menjelajah tip empat.

2. Gunakan f-stop rendah

Saat memotret hewan peliharaan, sebaiknya gunakan f-stop rendah. Mode itu membantu mengaburkan latar belakang dan menonjolkan subjek kalian. Latar belakang yang tidak fokus juga berguna menyamarkan segala kekacauan rumah.

Jika tidak memiliki DSLR, kalian bisa mendapatkan efek serupa menggunakan mode portrait di iPhone 12 misalnya, yang menggunakan dua lensa untuk membuat latar belakang buram. Pengguna ponsel cerdas lain dapat mencoba mengunduh aplikasi yang memungkinkan menyesuaikan f-stop secara manual.

3. Gunakan cahaya alami

Saat memotret hewan peliharaan di dalam ruangan, cobalah memotret di dekat jendela besar. Cahaya alami yang tersebar akan meminimalkan bayangan kasar dan menciptakan gambar lebih bagus (selama matahari tidak langsung masuk). Dorong anjing atau kucing untuk menghabiskan waktu di area yang cukup terang.

4. Ambil gambar aksi

Tangkap sisi liar hewan peliharaan dengan foto saat berlari, melompat, berenang, mengejar mainan, atau menangkap camilan di udara. Ingat untuk menggunakan kecepatan rana setidaknya 1/500 untuk menghindari keburaman gerakan.

5. Pergi ke suatu tempat yang indah

Untuk mendapatkan foto anjing yang benar-benar epik, ajak mereka berjalan-jalan ke tempat indah. Mendaki gunung, naik perahu, atau berwisata pantai adalah kesempatan sempurna menangkap momen anak anjing dikelilingi keindahan alam. Untuk inspirasi, lihat fotografer amatir Kelly Lund di Instagram.

6. Lebih dekat dan pribadi

Bereksperimenlah dengan potret hewan peliharaan kalian. Foto detail hidung basah dan mata kucing yang cerah adalah alternatif yang menyenangkan untuk foto hewan peliharaan khas. Jika kalian memiliki DSLR, pertimbangkan membeli lensa makro yang memungkinkan fokus pada jarak dekat. Beberapa ponsel pintar dan kamera point-and-shoot terbaik juga memiliki pengaturan makro built-in.

7. Buat mereka lelah

Hewan peliharaan banyak diam dan mentolerir pemotretan saat mereka lelah (atau lebih mungkin mengantuk, jika berurusan dengan kucing). Sebelum memotret pose anjing, pastikan membawanya berjalan-jalan atau berlari. Jika memiliki anak anjing yang sangat aktif, carilah camilan yang menenangkannya.

8. Gunakan makanan dan mainan

Jika kalian memotret hewan peliharaan yang menolak melihat ke kamera, coba gunakan camilan dan mainan untuk menarik perhatiannya. Menggantung mainan bulu di sebelah kamera cocok untuk kucing, sementara sepotong daging bisa membantu untuk anjing. Ajaklah seorang teman untuk membantu sehingga kalian dapat tetap fokus untuk mendapatkan bidikan.

9. Tingkatkan level mereka

Mungkin kalian perlu berguling-guling di lantai, tetapi sebaiknya posisikan diri setinggi mata dengan hewan peliharaan. Kondisi itu akan memberi jepretan paling jelas dari wajah kucing atau anjing sehingga menghasilkan potret yang lebih intim.

10. Bersikap dingin

Saat anjing dan kucing melakukan sesuatu yang lucu di sekitar rumah, tindakan sederhana dengan meraih kamera sering kali membuat mereka membatalkan posenya. Sebagai aturan umum, cobalah bergerak perlahan saat memotret hewan peliharaan dan hindari membuat suara keras. Hewan dapat merasakan energi seseorang dan lebih cenderung menjadi lembut jika kalian melakukannya.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA