Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

6 Rahasia Ringkas Mengepak Barang

Rabu 05 Apr 2017 07:04 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Esthi Maharani

Koper bepergian kaum adam (ilustrasi)

Koper bepergian kaum adam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Ada sejumlah rahasia mengepak barang agar bawaan Anda ringkas saat berlibur atau bepergian. Berikut enam di antaranya yang dibagikan Hitha Palepu, penulis buku How To Pack seperti dilansir dari laman Daily Mail.

Padu-padankan pakaian

Bayangkan isi koper Anda adalah sekumpulan pakaian yang dapat dipadu-padankan. Jangan bawa lebih dari tiga setelan komplit kecuali yang benar-benar dibutuhkan untuk acara tertentu, karena itu adalah penyebab utama mengepak berlebihan.

'Matematika' pakaian dalam

Hitung dengan cermat berapa pakaian dalam yang dibutuhkan selama bepergian, jangan kurang dan jangan berlebihan. Tips dari Palepu, kalikan jumlah hari Anda bepergian dengan 1,5 masing-masing untuk celana dalam maupun bra (khusus perempuan).

Jangan 'salah kostum'

Busana selama bepergian sebaiknya mencerminkan gaya sekaligus disesuaikan dengan budaya di tempat tujuan. Untuk bawahan yang aman, warna yang disarankan adalah hitam, biru tua, coklat, atau denim, serta bahannya tidak melar setelah dipakai dua kali.

Jangan malas rapikan baju

Luangkan beberapa menit di akhir hari untuk merapikan baju yang akan dipakai ulang. Gantung bahan katun, sutra, dan denim agar tidak kusut, sementara busana lebih berat seperti wol dan rajutan sebaiknya dilapisi lembar pengering.

Menata aksesoris

Sama seperti pakaian dalam, mayoritas pelancong mengepak aksesoris dengan berlebihan. Tipsnya, bawa aksesoris yang dapat dipadupadankan dan harus cukup ditempatkan dalam satu tas kecil, baik itu scarf, kacamata, jam tangan, atau perhiasan.

Kurangi kosmetik yang dibawa

Bawa produk kosmetik cair versi travel-size saat bepergian, atau siasati dengan menempatkannya di botol kecil. Misalnya, memuat jatah sampo dan kondisioner untuk beberapa kali pakai dalam wadah lensa kontak yang dijual murah di toko aksesoris.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA