Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

Friday, 11 Ramadhan 1442 / 23 April 2021

5 Manfaat Deposito yang Penting Diketahui

Senin 02 Jan 2017 12:01 WIB

Red: Indira Rezkisari

Menyimpan uang dalam deposito merupakan salah satu pilihan investasi jangka pendek.

Menyimpan uang dalam deposito merupakan salah satu pilihan investasi jangka pendek.

Foto: Republika/Yasin Habibi

REPUBLIKA.CO.ID, Deposito menjadi produk keuangan yang cukup populer di Indonesia. Hampir semua bank memiliki produk deposito dan bahkan menawarkan beberapa jenis untuk dapat menyesuaikan dengan kebutuhan investor. Faktor lain yang membuat deposito populer adalah karena kesederhaan dalam sistem yang digunakan untuk menetapkan imbal hasil.

Hal ini membuat orang yang awam dengan produk keuangan pun dapat memahami deposito. Hal inilah yang membuat banyak orang menjadikan deposito bagi pilihan investasinya. Selain itu, berikut 5 kelebihan deposito yang wajib diketahui:

Dapat dimiliki oleh pribadi atau lembaga
Deposito dapat diterbitkan atas nama perorangan maupun lembaga. Dengan demikian, dalam bilyet deposito akan tercantum nama perorangan atau lembaga yang menanamkan dananya. Hal ini memudahkan administrasi sehingga bila perusahaan Anda memiliki dana lebih yang ingin diinvestasikan, maka dana tersebut tidak perlu ditransfer ke rekening pribadi, tapi dapat langsung membuka deposito atas nama perusahaan. Deposito juga memberikan keleluasaan bagi Anda karena dapat menginvestasikan dalam valuta asing

Jangka waktu
Deposito memiliki variasi jangka waktu yang cukup fleksibel, mulai dari 1,2,3,6,9,12,18, sampai 24 bulan. Dengan demikian, Anda memiliki pilihan untuk menetapkan jangka waktu pencairan ketika sedang membutuhkan dana tersebut. Sebaliknya bagi Anda yang memiliki dana nganggur yang tidak akan dipakai dalam jangka waktu lama, Anda dapat memilih jangka waktu yang lebih panjang. Jangka waktu yang lama tentu memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibanding jangka waktu yang pendek.
Menetapkan jangka waktu juga membuat Anda disiplin dan tidak mengusik dana yang sudah ditanamkan. Sehingga imbal hasil pun dapat dirasakan dengan maksimal. Bila deposito dicairkan sebelum jatuh tempo, maka akan dikenai penalti sehingga Anda akan berusaha untuk menahan agar dana dapat ditahan sampai waktu jatuh tempo.

Relatif aman
Deposito merupakan produk yang relatif aman karena dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Tentu saja, untuk dapat mengikuti penjaminan maka deposito harus memenuhi syarat-syarat tertentu seperti tingkat bunga tidak melebihi dari yang ditetapkan. Selain itu, kesederhanaan dalam sistem deposito juga membuat orang awam mudah memahami dan tidak merasa ragu dalam menanamkan dana. Dalam deposito juga tidak dikenal fluktuasi imbal hasil seperti dalam dunia saham, sehingga investor mendapat kepastian bahwa dananya tidak akan berkurang.

Bunga menarik
Deposito memiliki karakteristik yang mirip dengan tabungan, sangat mudah untuk dipahami dan dimiliki. Namun deposito memiliki kelebihan berupa tingkat bunga yang cukup tinggi dibanding tabungan karena dana dalam deposito dikunci selama jangka waktu tertentu. Bunga pun akan diterima pada akhir periode atau pada waktu yang ditentukan. Tentu saja bunga ini tidak dapat dibandingkan dengan imbal hasil yang didapatkan dari investasi saham, tapi ingat bahwa imbal hasil sesuai dengan risikonya. Karena deposito mempunyai risiko yang kecil, maka imbal hasil yang ditawarkan pun sebanding.

Dapat diperpanjang otomatis
Deposito dapat diperpanjang secara otomatis dengan menggunakan fitur Automatic Roll Over (ARO) yang akan memperpanjang deposito secara otomatis setelah jatuh tempo, sampai pemilik mencairkan dananya. Dengan demikian Anda tidak perlu repot untuk mengurus perpanjangan deposito karena sudah otomatis berjalan. Hal ini tentu memberikan manfaat bagi Anda yang mempunyai banyak kesibukan.

Cukup banyak manfaat deposito yang wajib diketahui. Tentu saja setiap produk investasi memiliki kelebihan masing-masing, namun dengan mengetahuinya maka Anda dapat memaksimalkan manfaat tersebut sesuai dengan kondisi keuangan yang ada.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA