Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Sunday, 10 Zulqaidah 1442 / 20 June 2021

Begini Cara Meningkatkan Asupan Air dalam Tubuh

Rabu 02 Sep 2015 14:41 WIB

Red: Winda Destiana Putri

Laki-laki minum air putih

Laki-laki minum air putih

Foto: The Star

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah studi yang dilakukan American Chemical Society of Boston mengungkapkan bahwa, minum air putih dua gelas sebelum makan dapat membantu menurunkan berat badan jika dilakukan rutin.

Tidak hanya penurunan berat badan, mengonsumsi air menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, kita tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi air setidaknya delapan gelas air dalam sehari.

Berikut tips meningkatkan asupan air dalam tubuh Anda seperti dilansir di laman Fitene Rabu (2/9)

Buat jadwal
Mulailah dengan membuat sebuah jadwal. Setelah bangun tidur, minumlah dua gelas air putih. Setelah itu minum segelas air putih setiap dua jam sekali. Terlalu banyak mengonsumsi air juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Anda akan mengalami pusing, kesulitan bernafas serta masalah keseimbangan tubuh jika berlebihan.

Mengonsumsi Buah Mengandung Air
Berikut adalah salah satu cara meningkatkan asupan air dalam tubuh Anda yaitu mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air, seperti semangka, tomat, mentimun, atau stroberi. Buah ini memiliki banyak kandungan air di dalamnya, jadi bisa menambah asupan air pada tubuh.

Mengonsumsi segelas air sebelum makan
Mengonsumsi segelas air sebelum Anda makan juga baik bagi kesehatan, hal ini akan memperlancar pecernaan. Hal demikian juga dapat membuat Anda tidak makan secara berlebihan.

Hindari Minuman berkafein dan manis
Langkah berikutnya dalam meningkatkan asupan air ke dalam tubuh Anda adalah membatasi minuman berkafein. Hindari minuman yang tidak sehat seperti soda dan kopi karena memiliki efek diuretic yang dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Itulah sebabnya, air putih adalah cara terbaik agar terhindar dari dehidrasi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA