Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Wednesday, 22 Safar 1443 / 29 September 2021

Hilangkan Stres Hanya dengan 5 Menit!

Kamis 06 Aug 2015 07:28 WIB

Rep: MGROL44/ Red: Winda Destiana Putri

Pria stres.    (iustrasi)

Pria stres. (iustrasi)

Foto: AP/Richard Drew

REPUBLIKA.CO.ID, Stres sering timbul jika diri kita penuh dengan tekanan. Lelah, depresi, kurang tidur merupakan alasan timbulnya stres dalam diri seseorang. Stres bisa berkurang dengan beberapa hal yang membuat diri menjadi lebih baik dan bahagia.

Stres tidak baik bagi kesehatan karena bisa menyebabkan penuaan dini dan membebani pikiran yang berakibat penambahan berat badan Anda bertambah. Berikut tips menghilangkan stres dalam waktu hanya lima menit seperti yang dilansir di laman Fitine Kamis (6/8).

Minum Teh Hijau
Salah satu yang paling mudah dan sederhana untuk menghilangkan stres dalam waktu lima menit adalah minum teh hijau. Mengonsumsi teh hijau bisa menimbulkan ketenangan yang ditimbulkan dari L-Theanine, yaitu bahan kimia yang dapat menguatkan mental dan bisa mengatasi kemarahan. Apabila kesal melanda, cobalah secangkir teh hijau untuk meredam amarah.

Konsumsi Cokelat
Anda dapat mengonsumsi cokelat untuk mengatur kadar stres kortisol. Disarankan untuk mengonsumsi coklat hitam karena mereka lebih baik untuk menghilangkan stres dan menstabilkan metabolisme.

Konsumsi Madu
Mengonsumsi madu juga cara efektif menghilangkan stres Anda dalam waktu lima menit. Madu bekerja sebagai antibiotik dan menyediakan senyawa yang berperan besar dalam mengurangi peradangan otak, juga ampuh membantu memerangi kecemasan.

Mengunyah Permen Karet
Cara sederhana berikutnya untuk menghilangkan stres dalam waktu lima menit adalah mengunyah permen karet. Kunyahlah selama beberapa menit, permen karet akan bekerja menurunkan kadar kortisol dan mengurangi stres.

Merenung atau Meditasi
Cari tempat yang tenang dan nyaman di rumah atau tempat kerja Anda. Konsentrasi pada pernapasan selama beberapa menit untuk merasakan bahwa energi negatif yang mengalir keluar dari tubuh dan pikiran Anda. Lakukan secara perlahan dengan menarik napas sedalam mungkin melalui hidung dan mengeluarkannya melalui mulut.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA