Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

Saturday, 18 Zulhijjah 1441 / 08 August 2020

Trik Membuat Rasa dan Aroma Kopi Lebih Kuat

Kamis 16 Jul 2020 00:35 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Ada cara membuat rasa kopi lebih kuat tanpa harus menambah jumlah kopi (Foto: ilustrasi kopi)

Ada cara membuat rasa kopi lebih kuat tanpa harus menambah jumlah kopi (Foto: ilustrasi kopi)

Foto: Flickr
Ada cara membuat rasa kopi lebih kuat tanpa harus menambah jumlah kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika hanya memiliki sedikit biji kopi, tentu sulit untuk mendapatkan rasa kopi yang lebih kuat. Bila ingin memperoleh rasa kopi yang lebih strong tentu kita harus membeli biji kopi kembali.

Baca Juga

Namun, laman lifehacker.com memberikan trik agar rasa kopi bisa lebih kuat tanpa harus menambah jumlah kopi. Dilansir Kamis (16/7), ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengeluarkan rasa dan aroma kuat dari kopi.


Pilih biji kopi yang lebih gelap
Memilih biji kopi yang tepat sangat disarankan untuk mendapatkan rasa kopi yang kuat. Secara umum, biji kopi dipanggang dengan cara light, medium, dan dark. Ada banyak klasifikasi, tapi penting untuk diketahui bahwa tingkat panggang mempengaruhi rasa.

Secara umum, biji lebih dengan warna kurang gelap memiliki rasa lebih asam, sementara biji lebih gelap memiliki rasa lebih pekat. Jika ingin kopi kuat, pilih biji panggang lebih gelap. Rasa yang didapat sebagian besar berasa dari minyak yang dilepaskan selama pemanggangan.

Lantas, apakah bisa memanggang biji yang terang menjadi sedikit lebih gelap di rumah? Maka jawabannya adalah tidak. Jangan pernah berpikir melakukan hal itu. Pemanggangan awal menciptakan serangkaian reaksi kimia, begitu biji kopi sudah dikemas dan dibuka, maka proses itu tak bisa dilanjutkan lagi.


Seduh kopi lebih lama
Jika memiliki kopi dengan tingkat light atau medium, tapi butuh kopi kental, maka tambah waktu penyeduhan kopi. Semakin lama ampas dalam air, maka semakin banyak rasa akan diekstrak dari biji sehingga rasa kopi semakin kuat.

Cara termudah memperlambat proses penyeduhan adalah dengan menggunakan gilingan yang lebih halus. Kondisi itu meningkatkan area permukaan ampas kopi dan memperlambat aliran air, sehingga memperpanjang waktu kontak dengan air.


Ubah metode penyeduhan kopi
Agak rumit karena cara ini memerlukan investasi. Namun, metode pembuatan ini memberikan kopi seduhan lebih kuat. Preferensi kopi sangat pribadi, jadi mungkin perlu beberapa eksperimen untuk menemukan solusi tepat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA