Senin 13 Jul 2020 05:56 WIB

Roasting Proses Penting untuk Keluarkan Rasa Terbaik Kopi

Roasting merupakan proses penting untuk mengeluarkan karakter rasa terbaik dari kopi.

Ferry Kusnadi, seorang <i>roastery</i> asal Bandung, Jawa Barat
Foto: Abdan Syakura
Ferry Kusnadi, seorang roastery asal Bandung, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Roasting atau penyangraian menjadi proses penting dalam mengeluarkan rasa terbaik dari sebuah kopi. Roasting yang baik dan tepat, juga akan menambah nilai jual kopi itu sendiri.

Ferry Kusnadi, seorang roastery asal Bandung, Jawa Barat, yang juga pemilik merek dagang Ephraim Coffee, mengatakan kopi asal Indonesia merupakan salah satu yang terbaik, karena punya banyak karakter rasa. Dan proses penyangraian yang tepat bisa membuat karakter rasa tersebut keluar. Menurutnya, syarat utama untuk bisa menjadi seorang roastery yang baik adalah dengan mengenal terlebih dulu kopi yang akan diproses secara mendalam.

Baca Juga

"Seorang roastery harus mengenal dulu mulai dari brewing secara manual, kemudian ke mesin espresso. Dia harus paham dulu kopi (yang akan diroasting), baru mulai belajar me-roasting. Kopi itu banyak layer-layer rasa, jika panas akan mengeluarkan rasa apa, kemudian saat berada di suhu ruangan rasanya apa, jika tepat itu semua akan keluar," ujarnya saat ditemui tim Ekspedisi Republikopi di Kota Bandung, Ahad (12/7).

Yang kedua, seorang roaster juga harus bisa menerima kritikan dan masukan dari pihak-pihak luar terkait hasil kopi yang disangrainya. Hal itu menurutnya bisa menjadi pengetahuan, untuk menyempurnakan proses sangrai kopi.

Sementara itu, untuk hal yang paling menentukan dalam proses roasting, adalah bagaimana kualitas biji kopi itu sendiri. Ferry yang juga menjadi pembuat mesin roasting, mengatakan petani-petani kopi Indonesia saat ini sudah cukup baik. Dalam arti, mereka sudah tahu cara penanaman, perawatan hingga pascapanen untuk menghasilkan green bean yang berkualitas. Dengan proses yang benar mulai dari hulu hingga hilir, Ferry yakin kopi Indonesia akan berjaya di dunia.

"Kopi Indonesia banyak yang bagus-bagus. Saya punya pengalaman waktu pameran di Timur Tengah, saat itu pengunjungan harus antri hingga sekitar 30 meter hanya untuk mencicipi kopi kita. Mereka paling mencari stand kopi Indonesia, mereka rela antri untuk bisa mencoba eksostiknya kopi asal Indonesia," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement