Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Pola Pengasuhan Seperti Apa yang Dapat Cegah Perundungan?

Jumat 22 Jul 2022 11:59 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Ibu menasehati anaknya (lustrasi). Pola pengasuhan penuh kasih sayang, diharapkan akan membentuk karakter positif pada diri anak.

Ibu menasehati anaknya (lustrasi). Pola pengasuhan penuh kasih sayang, diharapkan akan membentuk karakter positif pada diri anak.

Foto: Republika/Musiron
Sosiolog mengingatkan untuk memperkuat peran keluarga dalam cegah perundungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sosiolog dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Dr Tri Wuryaningsih mengatakan salah satu upaya untuk mencegah praktik perundungan adalah dengan memperkuat peran keluarga. Orang tua perlu menerapkan pola pengasuhan penuh kasih sayang kepada anaknya.

"Keluarga, khususnya orang tua, menjadi kunci utama dalam mendidik dan mengasuh anak sejak dini dengan terus mengembangkan nilai-nilai kasih sayang atau cinta kasih," katanya ketika dihubungi dari Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Baca Juga

Tri menjelaskan dengan pola pengasuhan penuh kasih sayang, diharapkan akan membentuk karakter positif pada diri anak. Ia mengatakan anak-anak yang terbiasa mendapatkan pola asuh penuh kasih sayang dan cinta kasih akan tumbuh menjadi karakter yang juga penuh kasih sayang dan cinta kasih.

Tri menyebut, selain mengajarkan anak tentang cinta kasih, orang tua juga perlu mengajarkan untuk menghormati dan menghargai orang lain. Itu penting agar anak memiliki jiwa toleransi yang tinggi.

"Hal serupa juga perlu dilakukan di lembaga pendidikan, pengembangan nilai-nilai positif pada anak perlu terus diintensifkan," kata pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsoed itu.

 

 
 

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA