Thursday, 17 Jumadil Akhir 1443 / 20 January 2022

Thursday, 17 Jumadil Akhir 1443 / 20 January 2022

Ruang Bermain Bantu Tumbuh Kembang Anak

Senin 29 Nov 2021 21:48 WIB

Red: Nora Azizah

Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) membantu tumbuh kembang anak-anak.

Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) membantu tumbuh kembang anak-anak.

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) membantu tumbuh kembang anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Agustina Erni, mengatakan, keberadaan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam webinar Rapat Akhir Standardisasi dan Sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak, di Jakarta, Senin (29/11), pihaknya mengapresiasi sikap anak-anak yang bermain di Taman Cerdas, Solo karena mampu menjaga balok-balok mainan dengan baik.

"Saya sangat heran dengan anak-anak itu, semua peralatan main yang diberikan itu bisa diurus dengan baik. Itu balok bermain, balok bermain kan banyak. Saya tanya, 'Itu balok bermainnya enggak hilang? Enggak hilang'," kata Erni sembari menirukan jawaban anak-anak.

Baca Juga

Di RBRA tersebut, anak-anak mampu belajar menjaga dan bertanggung jawab atas mainannya. "Kalau nanti dia pinjam ya harus dibereskan kembali, dikembalikan," kata Erni.

Dari contoh kecil menjaga mainan, anak-anak belajar tentang toleransi, disiplin dan kebersamaan. Dia menambahkan, RBRA adalah tempat bagi anak-anak untuk bersosialisasi, berekspresi dan melakukan aktivitas bersama teman-teman sebayanya.

"Di situlah kesempatan kita mendidik anak-anak itu bagaimana hubungan sosial dengan sesama, (RBRA) tempat mereka berekspresi, beraktivitas," tuturnya.

Erni mengatakan, Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) harus sesuai standardisasi agar fasilitas tersebut bisa berjalan sesuai fungsinya. Pada Senin, Kemen PPPA menggelar Rapat Akhir Standardisasi dan Sertifikasi Ruang Bermain Ramah Anak secara daring. Pihaknya pun menyampaikan apresiasi kepada pemda, auditor dan seluruh pihak terkait yang telah mengupayakan dan menjamin proses pemenuhan kebutuhan bermain bagi anak melalui penyediaan RBRA.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA