Kamis 09 Jul 2020 14:46 WIB

Anak Enggan Kenakan Masker? Coba Cara Ini

Orang tua perlu membuat penggunaan masker menjadi tampak normal bagi anak.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Orang tua mengajak anak menggunakan masker (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Orang tua mengajak anak menggunakan masker (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, HARRISBURG -- Anak berusia dua tahun ke atas dianjurkan menggunakan masker saat berkegiatan di luar rumah. Akan tetapi, sebagian orang tua mungkin mengalami kesulitan untuk membuat anak mereka mau menggunakan masker.

Dokter spesialis anak dari Penn State Children's Hospital, dr Katherine Shedlock, mengatakan orang tua perlu membuat penggunaan masker menjadi tampak normal bagi anak. Salah satunya dengan cara memakaikan masker pada boneka hewan kesayangan anak.

"Itu membantu mereka untuk melihat masker dalam lingkungan yang familiar," ujar dr Katherine seperti dilansir di Rochester First, Kamis (9/7).

Orang tua bisa memakaikan masker pada boneka saat melakukan permainan pura-pura bersama anak. Cara ini juga dapat membantu anak belajar mengenai cara penggunaan masker.

"Permainan pura-pura benar-benar membuat anak kecil menjadi lebih nyaman dengan banyak hal," kata dr Katherine.

Orang tua juga bisa memberikan keleluasaan bagi anak untuk memilih masker yang ingin mereka gunakan. Biarkan anak memilih masker yang memiliki gambar karakter, tim olahraga atau bahkan warna kesukaan mereka.

Tugas orang tua adalah memastikan bahwa masker yang dipakaikan kepada anak memiliki ukuran yang pas. Masker harus menutup area hidung hingga bawah dagu anak tanpa menciptakan celah besar di bagian sisinya.

Orang tua juga perlu menunjukkan bahwa mereka memahami perasaan tak nyaman yang mungkin dirasakan anak saat menggunakan masker. Di sisi lain, orang tua perlu memberikan pengertian mengenai pentingnya penggunaan masker saat ini. Pengertian ini bisa diberikan melalui penjelasan yang sederhana, seperti masker dapat mencegah penyebaran kuman dan membantu semua orang untuk tetap sehat.

Tak lupa, orang tua juga perlu menjadi contoh yang baik bagi anak. Orang tua perlu menggunakan masker dengan benar sehingga anak bisa menirukan hal tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement