Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Tuesday, 25 Rabiul Akhir 1443 / 30 November 2021

Kirin Ajak Masyarakat Olah Sisa Makanan Jadi Hidangan Lezat

Senin 18 Oct 2021 03:54 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Mengolah hidangan di rumah tak menjadi satu-satunya cara untuk berhemat, kita juga dapat memulai food planning & food prepping setiap minggunya untuk menakar pengeluaran yang akan dikeluarkan.

Mengolah hidangan di rumah tak menjadi satu-satunya cara untuk berhemat, kita juga dapat memulai food planning & food prepping setiap minggunya untuk menakar pengeluaran yang akan dikeluarkan.

Foto: istimewa
Selain olah sisa makanan, untuk berhemat masyarakat bisa food planning & prepping

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurut data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020, rata-rata masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan menghabiskan sekitar Rp 1.150.000 setiap bulannya hanya untuk membeli makanan. Namun pengeluaran ini sesungguhnya masih dapat ditekan apabila kita membangun kebiasaan mengolah makanan sendiri dan mengolah apa juga bahan makanan yang tersisa.

Mengolah hidangan di rumah tak menjadi satu-satunya cara untuk berhemat, kita juga dapat memulai food planning & food prepping setiap minggunya untuk menakar pengeluaran yang akan dikeluarkan. Melalui Planning & Preparation, kita juga dapat melihat seberapa banyak bahan yang akhirnya dikategorikan sebagai waste dan mengkreasikan apa yang biasanya dianggap sebagai wastemenjadi hidangan baru.

Kirin mempersembahkan Kirin #SisaBisa, rangkaian acara menarik yang tak hanya mengupas tuntas problematika ketahanan pangan di Indonesia, melainkan memuat banyak tipsdan trickmenarik yang dapat dilakukan untuk menghemat pengeluaran bulanan sembari mengurangi food waste.

Eka Arli Chandra selaku Corporate Brand Manager Kirin mengatakan, Banyak orang tidak menyadari berapa banyak uang yang lenyap dari sisa bahan makanan yang terbuang sia-sia. Acara Kirin #SisaBisa diadakan untuk menyadarkan masyarakat bahwa dengan mengola sisa bahan makanan, kita bisa menekan biaya hidup per bulan serta mencegah terjadinya kekurangan makanan.

Acara Kirin #SisaBisa dipandu oleh Putri Habibie, Guru Masak Selebriti di LadyBake Cooking Class, lembaga kursus masak bagi para pemula yang baru mulai belajar memasak. Acara ini memiliki 8 episode yang ditayangkan setiap hari Jumat mulai dari 16 Juli hingga 3 September 2021. 

Di setiap episodenya, Kirin #SisaBisa menghadirkan beragam pembicara dari dunia kuliner. Para pembicara ini membagikan tips-tips terkait cara mengolah bahan makanan sisa menjadi hidangan yang lezat sehinggat dapat menghemat biaya.

Para pembicara tersebut di antaranya ialah Alun Rahmadani dari Foodpreparation Indonesia, Healthy Lifestyle Influencer Tri Janita, Founder Garda Pangan Eva Bachtiar, Influencer Kuliner Gastronomoe, Chef Degan Septoadji, Co-Founder FoodCycle Indonesia Astrid Paramita, dan Food Blogger Windi Iwandi. 

Para pembicara tersebut tidak hanya membicarakan mengenai pengelolaan makanan sisa, tetapi juga memberikan solusi dengan cara berbagi resep-resep ampuh dengan bahan-bahan sisa yang kerap dibuang. Untuk memperoleh inspirasi mengolah resep dari bahan-bahan dan juga makanan sisa, tonton seluruh episode Kirin #SisaBisa yang ada di IGTV akun Instagram Kirin @kirinindonesia.

Berdiri 21 Mei 2001, Kirin adalah sebuah brand elektronik konsumen yang berfokus pada peralatan dapur. Merek karya anak bangsa ini sudah dipercaya oleh pasar lokal yang lahir dan dikelola oleh perusahaan keluarga yang berpengalaman lebih dari 40 tahun dengan partner bisnis yang dikenal dunia internasional.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA