Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Wednesday, 13 Zulqaidah 1442 / 23 June 2021

Tips Membuat Nasi Goreng Bernutrisi Lengkap

Kamis 13 May 2021 03:42 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Dwi Murdaningsih

Nasi goreng shirataki (ilustrasi).

Nasi goreng shirataki (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com.
Banyak orang khawatir akan nutrisi nasi goreng yang dirasa kurang lengkap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasi goreng banyak menjadi favorit masyarakat Indonesia. Akan tetapi terkadang orang khawatir dengan nutrisi yang kurang lengkap.

Spesialis Gizi Klinis dr. Cindiawaty J Pudjiadi, MARS, MS, SpGK berbagi trik agar saat memasak nasi goreng dapat memberikan nutrisi lengkap. Selain karbohidrat yang dibutuhkan tubuh, dapat ditambahkan protein dan sayur supaya nasi goreng tersebut lengkap gizinya.

“Nasi itu sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk otak dan sel darah merah. Protein juga penting, bisa pakai telur, ayam, ikan. Sumber protein nabati dan serat juga boleh serta sayur apa saja, seperti wortel, buncis, sawi hijau, selada air. Semuanya enak sekali,” kata Cindi dalam acara Peluncuran Sasa Nasi Goreng Matah dan Rekor MURI.

Jadi dalam sekali masak, bisa mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Untuk pemakaian minyak, bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bagi yang sedang program penurunan berat badan, bisa mengurangi pemakaian minyak.

“Dalam satu makanan sudah bisa melengkapi nutrisi satu keluarga,” tambahnya.

Porsi nasi goreng juga bisa disesuaikan.  Contohnya, saat karbohidrat perlu dikurangi, maka protein dan sayurnya bisa lebih banyak. Untuk penderita diabetes, bisa memilih nasi merah, shirataki atau campuran.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA