Selasa 26 Jan 2021 00:56 WIB

Trik Sederhana untuk Menambah Kelezatan Telur Orak-Arik

Penggunaan mayonnaise membuat telur orak arik kian istimewa.

Rep: Adysha Citra Ramadhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Orak-arik telur.
Foto: Flickr
Orak-arik telur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telur orak-arik mungkin tampak seperti menu makanan yang sederhana. Uniknya, telur orak-arik dengan tekstur dan rasa yang pas cukup sulit untuk dibuat.

Umumnya, telur orak-arik yang banyak disukai adalah telur orak-arik dengan tekstur fluffy dan empuk. Akan tetapi, cara masak yang salah bisa dengan mudah membuat tekstur telur orak-arik menjadi lebih keras dan elastis.

Baca Juga

Food scientist Alton Brown berbagi sedikit trik untuk membuat telur orak-arik dengan tekstur fluffy dan rasa creamy yang menggoda. Salah satu bahan rahasia yang dia gunakan adalah mayonnaise.

"Mengingat telur orak-arik pada dasarnya merupakan emulsi, saya pikir mengapa tidak meningkatkan teksturnya dengan emulsi lain?" ujar Brown, seperti dilansir Metro.

Hanya ada sedikit bahan yang diperlukan untuk membuat resep telur orak-arik ala Brown ini. Bahan-bahan tersebut adalah telur, mentega, mayonnaise, air, serta garam dan lada untuk menambah rasa.

Langkah pertama yang peru dilakukan adalah menambahkan satu sendok teh mayonnaise dan satu sendok teh air ke tiga butir telur yang akan digunakan. Tambahkan mayonnaise dan air sebelum telur mulai diorak-arik di atas wajan bersama dengan mentega, garam, dan lada.

Untuk proses mengorak-ariknya, Brown menggunakan spatula. Spatula ini digunakan untuk mencampurkan seluruh bahan dan menciptakan tekstur fluffy.

Untuk lebih memperkaya rasa, Brown juga menambahkan paste harissa. Akan tetapi, penambahan bahan ini hanya sekedar opsi sesuai selera saja yang tidak harus diikuti.

Brown mengatakan orang-orang yang tak suka rasa mayonnaise tidak perlu enggan untuk mengikuti resep ini. Alasannya, tak akan ada rasa mayonnaise yang menempel pada hasil akhir telur orak-ariknya.

Rasa mayonnaise tidak akan kentara karena jumlah mayonnaise yang digunakan sangat sedikit. Selain itu, mayonnaise juga akan terpecah selama proses memasak.

"Anda tidak akan tahu bahwa ada mayonnaise di sana," jelas Brown.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement