Jumat 30 Oct 2020 11:26 WIB

Pinggiran Roti Sering Terbuang? Coba Kreasi Resep Ini

Anak-anak kerap menyisihkan pinggiran roti karena teksturnya lebih keras.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Roti tawar yang sudah diiris. Pinggiran roti yang keras kerap disisihkan anak. Agar tak terbuang, olah jadi French toast.
Foto: Pixnio
Roti tawar yang sudah diiris. Pinggiran roti yang keras kerap disisihkan anak. Agar tak terbuang, olah jadi French toast.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat menyantap roti, kebanyakan anak menyisakan bagian pinggiran roti yang memiliki tekstur lebih keras. Sisa pinggiran roti ini biasanya dihabiskan oleh orang tua atau bahkan dibuang begitu saja.

Membuang makanan tentu bukan hal yang baik untuk dilakukan. Oleh karena itu, seorang ibu membagikan satu resep sederhana yang dapat mengubah pinggiran roti menjadi santapan yang lezat.

Baca Juga

Resep ini dibagikan melalui grup Facebook Luncbox Ideas Australia. Sang ibu mengatakan resep yang dia bagikan hanya ditujukan untuk memanfaatkan pinggiran roti agar tidak terbuang sia-sia.

"Ini tidak sehat dan bukan makanan yang (sehat) untuk dimasukkan ke dalam bekal makanan. Tapi ini tentang memanfaatkan pinggiran roti yang (terbuang) ketika membuat makan siang," jelas sang ibu, seperti dilansir The Sun.

Setiap kali ada pinggiran roti yang terbuang, masukkan ke dalam kantong berperekat kedap dan simpan di dalam freezer. Kapanpun diperlukan, keluarkan pinggiran roti dari freezer dan tunggu sampai kembali ke suhu ruangan.

Langkah selanjutnya adalah membuat rendaman French toast sesuai selera. Umumnya, rendaman French toast bisa dibuat dengan mencampurkan telur, ekstrak vanila, bubuk kayu manis, dan susu.

"Rendam pinggiran roti ke dalam campuran French toast dan panggang (di atas wajan)," ujar sang ibu.

Resep ini akan menghasilkan French toast chip yang cocok untuk dikonsumsi sesekali sebagai sarapan. Sang ibu mengatakan resep ini juga akan membuat anak-anak menyukai pinggiran roti.

Ada lebih dari 1.000 pengguna Facebook yang menyukai unggahan sang ibu. Banyak dari pengguna Facebook yang antusias untuk mencoba resep yang dibagikan oleh sang ibu.

"Saya menyukainya! Terkadang saya membuat crouton (dari sisa pinggiran roti) untuk caesar salad," tulis salah satu pengguna Facebook.

Tak sedikit pengguna Facebook yang memuji sang ibu karena resep tersebut. Mereka pun beramai-ramai menyampaikan terima kasih karena sang ibu sudah berbagi resep tersebut.

"Ya ampun, Anda jenius! Satu-satunya momen anak saya memakan pinggiran roti adalah ketika roti tersebut berupa French toast! Ide yang cemerlang, terima kasih!" tulis pengguna Facebook lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement