Tuesday, 5 Safar 1442 / 22 September 2020

Tuesday, 5 Safar 1442 / 22 September 2020

3 Trik Bikin Korean Cream Cheese Garlic Bread Ala Chef Ragil

Sabtu 15 Aug 2020 17:23 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Korean cream cheese garlic bread

Korean cream cheese garlic bread

Foto: Reiny Dwinanda/Republika
Korean cream cheese garlic bread ngetren berkat drama Korea dan Kpop.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhatian para penggemar kuliner belakangan ini mungkin banyak tertuju pada Korean cream cheese garlic bread. Betapa tidak, hidangan roti yang tampak sederhana ini memiliki rasa yang menggugah selera, khususnya bagi pecinta keju.

Chef Ragil Iman Wibowo mengatakan Korean cream cheese garlic bread merupakan salah satu jenis street food atau makanan pinggir jalan di Korea Selatan. Oleh karena itu, hidangan roti ini cukup mudah ditemukan di sana.

Ragil menilai popularitas Korean cream cheese garlic bread belakangan ini tak lepas dari pengaruh tren Kpop dan drama Korea Selatan di Indonesia. Melihat hidangan roti ini sering kali disantap di Korea Selatan membuat sebagian masyarakat Indonesia juga ikut penasaran untuk mencoba.

"Yang jadi tantangan apa ini akan akan bisa lama atau hanya tren aja," ujar Ragil saat dihubungi Republika.co.id.

Secara umum, Korean cream cheese garlic bread merupakan hidangan roti dengan bahan dasar roti bun biasa. Roti ini lalu diisi dengan cream cheese, lalu disiram dengan garlic butter.

Ragil juga membagikan tiga tips untuk membuat Korean cream cheese garlic bread yang lezat. Berikut ini adalah ketiga tip darinya.

Memilih cream cheese
Salah satu kunci penting dalam membuat Korean cream cheese garlic bread yang lezat adalah menggunakan krim keju yang tepat. Pilih cream cheese dengan kualitas yang baik dan rasa yang enak.

Dari segi rasa, Ragil mengatakan, krim keju ada yang memiliki rasa sedikit asam dan ada yag tidak memiliki rasa asam. Pemilihan rasa ini bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Orang-orang di Korea Selatan cenderung lebih menyukai rasa cream cheese yang sedikit asam. Akan tetapi, orang-orang di Indonesia mungkin tidak begitu menyukai rasa krim keju yang agak asam.

"Memang selera ya," ujar Ragil.

Memilih bawang putih
Kunci kedua untuk membuat Korean cream cheese garlic bread yang nikmat adalah bawang putih segar. Hindari penggunaan bawang putih yang sudah lama dipersiapkan.

"Misalnya sudah dari kemarin disiapkan, dicincang, terus baru dipakai hari ini. Jangan. Karena rasanya akan berbeda," kata Ragil.

Penggunaan bawang putih dalam bentuk bubuk juga tak direkomendasikan. Alasannya, rasa yang dihasilkan akan menjadi kurang enak. Oleh karena itu, pilih bawang putih yang segar untuk membuat Korean cream cheese garlic bread.

Tidak tergoda alternatif murah
Bahan cream cheese mungkin tidak begitu familier bagi sebagian orang di Indonesia. Beberapa mungkin akan menggunakan campuran keju parut, tepung, dan susu sebagai pengganti cream cheese.

Hal seperti ini memang bisa saja dilakukan. Akan tetapi, penggantian ini akan memberikan rasa yang berbeda dari rasa autentik Korean cream cheese garlic bread.

"Jadi itu sebenarnya bukan rasa autentiknya, jadi rasanya nggak akan sama," jelas Ragil.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA