Rabu 12 Aug 2020 09:48 WIB

Trik Menyiapkan Frappuccino Ala Kedai Kopi Populer

Frappuccino dan es kopi lainnya bisa dibuat di rumah dengan mudah.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Frappuccino. Minuman es kopi beku seperti di kedai kopi kekinian cukup mudah untuk dibuat di rumah.
Foto: Reuters/Andrew Chifari
Frappuccino. Minuman es kopi beku seperti di kedai kopi kekinian cukup mudah untuk dibuat di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minuman kopi beku atau es kopi sejenis Frappuccino sebenarnya bisa dibuat sendiri di rumah. Namun, membuat rasa dan tampilannya sama seperti di kedai kopi populer memang menjadi tantangan tersendiri.

Para pakar kopi membagikan saran mengenai cara membuat es kopi di dapur rumah yang rasanya tidak kalah nikmat dan menyegarkan seperti di gerai kopi kekinian. Berikut deretan kiat dari mereka, dikutip dari laman Huffpost.

Baca Juga

1. Pakai kopi kuat

Dicampur dengan es batu, minuman kopi dingin sering dikomplain karena rasanya ringan. Bloger Jee Choe dari Coffee At Three merekomendasikan kopi kental atau konsentrat cold brew yang tidak akan mengurangi kekuatan rasa.

 

Deanne Gustafson, pendiri Kombucha On Tap, berpendapat cold brew adalah basis ideal untuk kopi beku. "Cold brew cenderung tidak asam dibandingkan kopi biasa, membuat kopi beku manis tanpa menambah kalori," ujarnya.

2. Tambahkan kopi giling

Teknik yang digunakan oleh Dan Pabst, manajer pengembangan produk Kopi Melitta agar rasa kopi tetap kuat adalah menambahkan kopi giling. Campurkan setengah sendok teh atau lebih kopi bubuk halus ke blender saat membuatnya.

3. Jangan ragu dengan kopi instan

Bagi yang ingin cara praktis, tidak perlu ragu memakai kopi instan. Ian Kolb, manajer CupLux Coffee di Charlotte, Carolina Utara, AS menyarankan kopi instan sangrai gelap yang akan memberi profil rasa mirip dengan minuman Starbucks.

Sementara, kopi instan sangrai sedang mungkin lebih mirip dengan produk kedai kopi lokal. "Larutkan kopi instan dalam 60 ml air panas. Tuang kopi ke dalam blender, tambahkan sisa bahan dan blender sesuai selera," ujar Kolb.

4. Es batu secukupnya

Mike Arquines, salah satu pendiri Mostra Coffee di San Diego mengingatkan untuk memakai es batu secukupnya. "Pertimbangkan keenceran dan tekstur akhir, minuman lembut atau mengandung es yang hancur dan berpasir," kata dia.

David Duron, salah satu pendiri Brazen Hazen yang berbasis di Hawaii, menyarankan untuk membekukan kopi menjadi es batu sebagai ganti es batu biasa. Anjuran lain adalah memakai pemecah blender sehingga es hancur dengan merata.

5. Tidak perlu banyak taburan

Aneka Frappuccino di pasaran punya banyak campuran dan taburan, mulai dari sirup cokelat, remahan kue, atau karamel. Menurut Raffaello Van Couten dari Eleva Coffee di New York, yang terbaik adalah minuman sederhana tanpa banyak taburan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement