Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Koki Masterchef Australia Bagi Resep Sup Merah Borscht

Ahad 13 Mar 2016 15:31 WIB

Red: Indira Rezkisari

Sarapan Borscht atau sup buah bit digemari anak-anak di Ukraina.

Sarapan Borscht atau sup buah bit digemari anak-anak di Ukraina.

Foto: wikipedia

REPUBLIKA.CO.ID, Agar lebih bersemangat di akhir pekan ini, mari mencicipi kuliner asal Eropa Timur yang berwarna merah menyala racikan dari Chef Alice Zavlavsky atau Alice in Frames jebolan reality show Masterchef Australia. Dia membagikan resep sup bit atau borscht dari neneknya.

Borscht adalah sup berwarna merah khas Ukraina. Makanan ini juga sangat terkenal di Eropa Timur dan juga di negara-negara Eropa Tengah.
 
Warna merah sup ini berasal dari bahan utama kuliner ini yakni buah bit. Namun dibeberapa negara, sebagian warga mengganti bit dengan tomat dan buah bit hanya sebagai tambahan untuk penguat warna merah saja.
 
Alice mengatakan, "Resep ini sangat dekat di hati saya.  Ketika saya kecil, sup Borsch merupakan menu yang selalu disajikan setiap hari di rumah. Bahan yang digunakan murah dan cara membuatnya juga sangat mudah dibuat dalam porsi.
 
Jadi setiap kali Alice dan saudara laki-lakinya pulang sekolah, mereka tinggal menuangkan sup ini dan menghangatkannya. Terkadang babushka atau nenek dalam bahasa Ukraina akan memakannya dalam keadaan dingin dengan sepotong ketimun, parutan bawang putih, dill, dan sour cream.
 
Setelah bertahun-tahun, Alice mengaku masih sangat suka menyantap menu yang satu ini. Oleh karena itu Ia ingin membaginya dengan Anda. Dan tidak ada salahnya mencoba resep chef nyentrik ini di akhir pekan  Anda kali ini. Selamat mencoba.
 
Bahan:
Setengah kol
2 buah wortel
2 buah bit
2 kentang
1 siung bawang/bawang bombay
2 siung bawang putih
Mentega secukupnya
Perasan lemon
1 liter air kaldu sayuran
Garam secukupnya
 
Cara membuat:
Kupas semua sayuran dan cuci hingga bersih. Dengan menggunakan food processor atau pisau, iris halus kol, wortel dan buah bit. Sementara kentang potong dadu.

Iris bawang bombay dan bawang putih lalu tumis dengan sedikit mentega.
 
Masak hingga layu dan wangi dengan api kecil.
 
Masukan sayuran ke dalam panci dan tambahkan sedikit jus lemon untuk menjaga warna buah bit tetap merah segar. Tuangkan kaldu sayuran dingin hingga semua bahan terendam dan beri garam.
 
Masak sayuran dan kuah kaldu hingga mendidih, lanjutkan masak hingga sekitar setengah jam atau hingga kentang matang sempurna. Cicipi dan jika perlu tambahkan garam jika supnya masih terasa hambar.
 
Anda bisa  menambahkan sup bit atau Borsch ini dengan sour cream jika suka.
 


sumber : http://australiaplus.com/indonesian/2016-03-11/resep-pekan-ini-borscht-sup-merah-yang-menggoda/1557556
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA