Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Komplikasi Diabetes Bisa Dicegah, Begini Caranya

Kamis 08 Dec 2022 00:35 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Makan berlebihan dapat menjadi gejala awal diabetes (Ilustrasi). Kadar gula darah harus dikontrol untuk mencegah komplikasi diabetes.

Makan berlebihan dapat menjadi gejala awal diabetes (Ilustrasi). Kadar gula darah harus dikontrol untuk mencegah komplikasi diabetes.

Foto: Republika
Kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat menimbulkan komplikasi diabetes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kadar gula darah yang tinggi dapat menimbulkan berbagai gangguan dalam tubuh, baik pada pembuluh darah besar, pembuluh darah kecil, dan juga saraf. Apabila tidak dikendalikan, kadar gula darah tinggi tersebut dapat menimbulkan gangguan kesehatan dan komplikasi yang fatal.

"Beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat diabetes adalah gangguan saraf, gangguan ginjal, penyakit pembuluh darah seperti strok, hingga serangan jantung," kata dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrinologi, metabolik, dan diabetes Leny Puspitasari, dikutip dari siaran pers RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga

Dr Leny mengingatkan untuk melakukan pencegahan dan pengendalian diabetes agar tidak terjadi komplikasi tersebut. Pengendalian diabetes dapat dilakukan dengan menerapkan tata kelola diabetes mandiri yang terdiri dari mendapat informasi yang benar mengenai diabetes, menjalani pola makanyang tepat, berolahraga rutin, mengonsumsi obat yang sesuai dengan kondisi, dan melakukan pemeriksaan gula darah secara berkala.

"Pengaturan pola makan menjadi poin penting pengendalian diabetes," tutur dr Leny.

Hal tersebut dapat terwujud dengan menerapkan 4J, yakni jenis makanan, jumlah atau porsi makanan, jadwal makan, dan jurus masak. Diabetesi masih boleh mengonsumsi karbohidrat, hanya saja jenis karbohidratnya harus dipilih dengan bijak.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA