Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Deg-degan Saat Nonton Film Horor Juga Bakar Banyak Kalori? Ini Kata Dokter Jantung

Kamis 06 Oct 2022 09:54 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Menonton film horor di bioskop (Ilustrasi). Dokter jantung meluruskan anggapan deg-degan saat menyaksikan film horor dapat bakar kalori lebih banyak.

Menonton film horor di bioskop (Ilustrasi). Dokter jantung meluruskan anggapan deg-degan saat menyaksikan film horor dapat bakar kalori lebih banyak.

Foto: Wallpaper Flare
Konon, menonton film horor membakar banyak kalori.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Adegan-adegan menegangkan ditambah dengan audio mencekam membuat jantung berdebar lebih cepat ketika Anda menonton film horor. Namun, apakah jantung yang berdebar lebih cepat saat menonton tayangan menyeramkan bisa membuat kalori yang terbakar lebih banyak?

"Pernah ada beberapa studi yang menyimpulkan demikian, namun tidak bisa dijadikan patokan karena studi tersebut menggunakan jumlah sampel yang sangat sedikit," kata dokter jantung Azlan Sain kepada Antara, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga

Dr Azlan mengatakan anggapan itu mencuat karena ada pendapat bahwa terjadi pelepasan adrenalin, akibat rasa takut, yang bekerja cepat akibat menyaksikan film horor. Adrenalin dapat menurunkan nafsu makan, meningkatkan tingkat metabolisme basal, dan akhirnya membakar tingkat kalori yang lebih tinggi.

"Namun, karena jumlah sampel yang sangat sedikit dan studinya adalah studi dengan populasi yang sangat kecil, maka hasil dari studi ini pun tidak bisa dijadikan patokan," jelas dokter yang praktik di Klinik Jantung Hasna Medika Indramayu, Jawa Barat itu.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA