Wednesday, 9 Rabiul Awwal 1444 / 05 October 2022

Kolesterol dan Gula Darah Anda Tinggi? Minuman Menenangkan Ini Bisa Bantu Menurunkannya

Kamis 11 Aug 2022 04:00 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Teh kamomil (ilustrasi). Menurut studi, teh kamomil jerman bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan, yakni dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan dan membantu memperbaiki kadar glukosa, insulin, dan lipid darah.

Teh kamomil (ilustrasi). Menurut studi, teh kamomil jerman bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan, yakni dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan dan membantu memperbaiki kadar glukosa, insulin, dan lipid darah.

Foto: PxHere
Kolesterol dan gula darah tinggi perlu dikendalikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teh kamomil dikenal sebagai minuman yang menenangkan dan memberikan rasa nyaman. Di samping itu, teh kamomil ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah.

Manfaat teh kamomil dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah ini diungkapkan dalam sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Tea Advisory Panel (TAP). Studi ini menyoroti jenis teh kamomil yang cukup populer, yaitu Matricaria recutita atau kamomil jerman.

Baca Juga

Studi ini menemukan bahwa teh kamomil jerman bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Dua dari manfaat tersebut adalah dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan dan membantu memperbaiki kadar glukosa, insulin, dan lipid darah.

Seperti diketahui, kadar kolesterol dan gula darah yang tinggi merupakan prekursor untuk penyakit jantung. Semakin tak terkontrol kedua kondisi tersebut, dampaknya terhadap kesehatan jantung akan semakin buruk.

Melalui studi, tim peneliti juga menemukan bahwa teh kamomil bisa membantu mengatasi kesulitan tidur dan kecemasan. Bila tak ditangani, kedua masalah tersebut juga dapat berkontribusi pada penyakit jantung dan penurunan otak.

"Perbaikan pada tidur dan kecemasan bisa memperbaiki fungsi otak (karena beristirahat dengan lebih baik)," kata peneliti dan guest advisor untuk TAP, Dr Gill Jenkins, seperti dilansir Express, Rabu (10/8/2022).

Menurut Dr Jenkins, dampak langsung dari teh kamomil yang menenangkan memang tak secara langsung bisa memengaruhi fungsi otak. Namun, konsumsi teh kamomil bisa secara tidak langsung memperbaiki fungsi otak.

Berkaitan dengan risiko penyakit jantung, ada beberapa hal lain yang juga perlu dilakukan untuk menurunkannya. Menurut National Health Service, salah satu upaya yang juga penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung adalah membatasi konsumsi gula.

"Anda harus membatasi konsumsi garam tidak lebih dari 6 gram per hari, karena terlalu banyak garam bisa meningkatkan tekanan darah," jelas National Health Service.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA