Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Kopi Bisa Tingkatkan Kesehatan Organ Hati

Selasa 18 Jan 2022 12:14 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Qommarria Rostanti

Minuman sehat untuk membersihkan hati (ilustrasi).

Minuman sehat untuk membersihkan hati (ilustrasi).

Foto: Republika.co.id
Minum kopi dalam dosis yang tepat dapat membantu meningkatkan kesehatan hati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Organ hati adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Hati bertanggung jawab untuk berbagai fungsi termasuk detoksifikasi, mengatur nutrisi, mengaktifkan enzim dan banyak lagi.  

Selain itu, hati mengeluarkan cairan empedu yang membantu meningkatkan pencernaan dan metabolisme. Inilah sebabnya mengapa merawat hati dengan baik sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.  

Baca Juga

Dilansir di food.ndtv.com pada Selasa (18/1), hati merupakan salah satu organ yang membersihkan dirinya sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberi makan makanan yang sehat dan bergizi bagi tubuh agar tidak mengeluarkan energi. Berikut ini pilihan minuman sehat dan detoks yang dapat membantu proses pembersihan dengan mudah:

1. Kopi

Salah satu minuman paling populer di seluruh dunia, kopi membantu memulai hari dan memberi energi yang sangat dibutuhkan untuk terus berjalan. Selain itu, beberapa penelitian juga menjelaskan bahwa minum kopi dalam dosis yang tepat dapat membantu meningkatkan kesehatan hati.  

Studi eksperimental telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang sebenarnya membantu menjaga hati bebas penyakit. Konsumsi kopi terbukti mengurangi deposisi lemak di hati sambil meningkatkan kapasitas antioksidan dengan meningkatkan Glutathione-antioksidan.  

2. Teh hijau

Sebuah penelitian, yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry, menyatakan teh hijau, bersama dengan olahraga dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Studi ini menemukan bahwa subjek yang mengonsumsi ekstrak teh hijau dan menggunakan nutrisi olahan secara berbeda. Tubuh mereka menangani makanan secara berbeda.  

3. Teh kunyit 

Kunyit dikenal sebagai makanan super dan tidak ada rahasia untuk itu. Kunyit sarat dengan antioksidan yang mendukung proses detoks dengan meningkatkan produksi enzim. Rempah-rempah juga membantu meningkatkan sirkulasi darah tubuh, lebih lanjut meningkatkan kesehatan hati yang baik.  

4. Jus amla

Amla atau gooseberry India sehat untuk inti. Buah itu sarat dengan antioksidan, sifat antiinflamasi, vitamin C, dan beberapa nutrisi penting. 

Faktor-faktor ini membantu membuang racun dan mendukung kesehatan hati. Selain itu, beberapa penelitian telah menyatakan bahwa amla dalam dosis yang tepat dapat membantu mencegah timbulnya fibrosis hati dan kondisi klinis terkait dan juga mengurangi hiperlipidemia terlalu banyak lemak dan sindrom metabolik.  

5. Jus bit 

Bit selalu dijuluki sebagai salah satu sayuran sehat untuk ditambahkan ke diet kaya nutrisi. Ini sarat dengan antioksidan dan nutrisi seperti folat, pektin, betalain, dan betaine.  

Selain itu, ia menyediakan serat, mangan, potasium, vitamin A, dan vitamin C dalam jumlah yang cukup. Mempertimbangkan hal ini, nutrisi ini selanjutnya membantu meningkatkan aliran empedu yang membantu membuang limbah beracun dari tubuh.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA