Saturday, 26 Jumadil Akhir 1443 / 29 January 2022

Saturday, 26 Jumadil Akhir 1443 / 29 January 2022

Tes Duduk-Berdiri, Cara Mudah Prediksi Usia Harapan Hidup

Ahad 28 Nov 2021 00:18 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Orang duduk menonton TV (ilustrasi). Tes duduk-berdiri dari kursi dapat membantu memprediksi usia harapan hidup seseorang.

Orang duduk menonton TV (ilustrasi). Tes duduk-berdiri dari kursi dapat membantu memprediksi usia harapan hidup seseorang.

Foto: Yogi Ardhi/Republika
Tes berdiri dengan satu kaki juga dapat memprediksi usia harapan hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menerapkan berbagai praktik gaya hidup, mulai dari diet sehat dan olahraga sosial, memang dapat meningkatkan usia harapan hidup. Tapi, jika ingin memeriksa berapa lama akan hidup dan seberapa baik Anda akan menua, tes yang disarankan dr Michael Mosley bisa dijajal.

Selama ini, berdiri dengan satu kaki diketahui ada kaitannya dengan seberapa sehat seseorang. Tak percaya?

Baca Juga

"Kedengarannya aneh, tapi lamanya Anda dapat berdiri dengan satu kaki adalah prediksi yang kuat tentang berapa lama Anda akan hidup dan seberapa sehat Anda nantinya," kata dr Mosley.

Kini, dokter telah mengungkapkan tes sederhana lainnya untuk memprediksi usia harapan hidup. Anda butuh kursi untuk mencoba tes ini.

"Anda harus duduk di kursi tanpa lengan dan melihat berapa kali Anda dapat beralih dari duduk ke berdiri dalam satu menit," kata dr Mosley, dilansir laman Express.co.uk, Sabtu.

Tesnya memang sesederhana itu. Tes tersebut telah diverifikasi oleh penelitian.

"Para peneliti, yang memulai studi mereka pada tahun 1999, menemukan bahwa peserta yang berhasil melakukannya lebih dari 36 kali, dua kali lebih mungkin untuk tetap hidup 13 tahun kemudian dibandingkan dengan mereka yang hanya dapat melakukannya 23 kali," ungkap dr Mosley.

Penelitian yang dilakukan oleh Medical Research Council ini mengamati 2.760 pria dan wanita berusia 50-an. Duduk dan berdiri dari kursi bukan satu-satunya hal yang diperiksa tim. Berdiri dengan satu kaki dengan mata tertutup dan mengukur daya cengkram juga termasuk dalam penelitian.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA