Sunday, 23 Rabiul Akhir 1443 / 28 November 2021

Sunday, 23 Rabiul Akhir 1443 / 28 November 2021

Gejala Flu yang Harus Diwaspadai Penderita Jantung

Kamis 28 Oct 2021 09:09 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti

Gejala flu yang harus diwaspadai penderita sakit jantung (ilustrasi).

Gejala flu yang harus diwaspadai penderita sakit jantung (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Flu dapat menyebabkan penyakit ringan hingga berat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di tengah pandemi Covid-19, infeksi flu juga telah meningkat pesat. Para ahli memperingatkan kemungkinan twindemic. Hal ini tidak hanya mengkhawatirkan, tetapi mereka yang memiliki penyakit jantung punya risiko lebih besar untuk dirawat di rumah sakit dan bahkan kematian.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (CDC), selama musim flu, penyakit jantung adalah salah satu kondisi kronis jangka panjang yang paling umum terjadi di antara orang dewasa yang dirawat di rumah sakit. Sekitar setengah dari orang dewasa yang dirawat karena flu memiliki penyakit jantung.

CDC menyoroti bahwa penelitian telah menunjukkan peningkatan serangan jantung dan stroke akibat penyakit flu. Pelonggaran pembatasan wilayah dan sosial dinilai berkontribusi pada peningkatan kasus tersebut.

Pada saat seperti ini, pasien jantung harus sangat berhati-hati dan harus waspada terhadap kemungkinan tanda dan gejala flu. Seseorang harus tahu bagaimana membedakan antara gejala yang paling umum dan yang mengkhawatirkan. Berikut uraiannya seperti dilansir di Times of India, Kamis (28/10):

1. Gejala flu ringan

Gejala flu ringan yang paling umum terdiri dari demam, kedinginan, kelelahan, batuk, sakit tenggorokan, pilek atau hidung tersumbat, sakit tubuh, sakit kepala, dan diare meski dalam beberapa kasus yang jarang terjadi. Namun, gejala-gejala ini dapat diatasi dengan beberapa obat rumahan atau yang diresepkan oleh dokter.

2. Flu bisa meningkatkan komplikasi pernapasan

Sama seperti Covid-19, flu juga dapat menyebabkan penyakit ringan hingga berat, bahkan pada kasus tertentu dapat menyebabkan kematian. Sementara kebanyakan orang yang terkena flu sembuh dalam hitungan hari, ada orang yang mengalami gejala parah dan mengalami komplikasi pernapasan yang mengancam jiwa.

Flu dapat mengakibatkan masalah medis yang serius termasuk radang jantung (miokarditis), radang otak (ensefalitis), radang jaringan otot, dan kegagalan multi-organ misalnya gagal pernapasan dan ginjal. Karena flu juga dapat memicu respons peradangan ekstrem dalam tubuh, flu dapat menyebabkan sepsis.

3. Gejala peringatan bagi penderita jantung

Flu dapat memicu gejala tertentu yang dapat mengkhawatirkan dan berakibat fatal jika tidak ditangani. Berikut ini adalah beberapa tanda darurat yang harus diwaspadai oleh penderita penyakit jantung dan jika terjadi, harus segera mencari pertolongan medis. 

Antara lain sesak nafas dan nyeri dada, kesulitan dalam bernafas, pusing, bingung, sulit berkonsentrasi, kelemahan parah dan kelelahan ekstrem, kejang, demam, dan batuk yang memburuk.

Sementara itu, peningkatan jumlah kasus flu yang mengkhawatirkan telah menimbulkan kekhawatiran di seluruh dunia. Para ahli mendesak agar semua orang mendapatkan suntikan vaksin flu sesegera mungkin untuk mengurangi risiko dan menahan penyebaran.

Selama waktu seperti itu, orang dengan kondisi kesehatan yang mendasarinya atau penyakit kronis lainnya sangat rentan. Mereka tidak hanya lebih rentan tertular virus, tetapi mereka juga lebih mungkin mengembangkan gejala yang parah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA