Selasa 26 Oct 2021 11:41 WIB

Yang Terjadi pada Tubuh Saat Berhenti Minum Alkohol

Minum alkohol dalam jumlah sedang dapat menyebabkan penyusutan di hipokampus.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Yang terjadi pada tubuh saat berhenti mengonsumsi alkohol (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Yang terjadi pada tubuh saat berhenti mengonsumsi alkohol (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minuman keras telah dikaitkan dengan lebih dari 60 problem kesehatan. Jika seseorang yang terbiasa mengonsumsi minuman alkohol namun kini berhenti meminumnya, maka akan terjadi perubahan dalam tubuh. 

Perubahan itu akan dirasakan beberapa pekan hingga bulan semenjak dia berhenti. Berikut penjelasannya seperti dilansir di laman Men's Health, beberapa waktu lalu: 

1. Perasaan "tenggelam"

Direktur Cosmedics.co.uk, dr Ross Perry, mengatakan alkohol memengaruhi tingkat neurotransmiter Anda seperti asam gamma-aminobutirat (GABA) yang menyebabkan rasa takut pada pagi hari. Berhenti minum alkohol dapat menyeimbangkan kesehatan mental, meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi kecemasan Anda.

"Dibutuhkan 72 jam untuk pulih, secara mental dan fisik, setelah sesi yang berat," kata Perry.

2. Hati seperti baru 

Organ hati Anda mungkin telah menerima banyak hukuman sekarang, tapi jangan putus asa. "Setelah empat pekan berhenti minum alkohol, lemak hati berkurang hingga 15 persen. Setelah beberapa bulan, hati Anda bisa kembali normal," ujarnya.

Alkohol juga memengaruhi ginjal Anda dan menyebabkan dehidrasi. Ini juga bisa di balik. "Anda akan melihat perbedaan dalam tingkat energi Anda," kata Perry.

3. Bahan bakar untuk pikiran

"Alkohol dapat mengganggu neurogenesis, yaitu kemampuan Anda untuk membuat sel-sel otak baru," jelas Perry. 

Minum alkohol dalam jumlah sedang dapat menyebabkan penyusutan di hipokampus, area otak yang terkait dengan memori dan penalaran. Tapi atrofi otak akan mulai pulih setelah beberapa pekan Anda berhenti mengonsumsi alkohol.

4. Perubahan pola makan

Mengurangi asupan Anda sebanyak enam liter per pekan akan menghemat sekitar 1.400 kkal, setara dengan kalori dalam piza besar. Ini kemungkinan akan menyebabkan perubahan dalam kebiasaan makan Anda juga. "Setelah minum alkohol, hormon yang membuat Anda merasa lapar sering menyebabkan makan berlebihan," kata Perry. 

Saat kembung dihilangkan, Anda dapat mengharapkan perut yang lebih rata dalam sepekan, bahkan dapat menurunkan ukuran ikat pinggang dalam sebulan.

5. Jaga daya tahan tubuh

"Saat berolahraga, Anda perlu terhidrasi dengan baik untuk menjaga aliran darah, penting untuk membawa oksigen dan nutrisi ke otot Anda," kata Perry. 

Minuman keras tidak hanya akan membuat Anda dehidrasi, hati Anda akan terlalu sibuk melawan racun untuk membersihkan penumpukan asam laktat, meningkatkan kemungkinan kram. Kekuatan serta daya tahan Anda akan segera diisi ulang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement